Articles

Read the articles about accounting,internal audit, tax, human resource,information and technology

Menjadi Pribadi Efektif Demi MerencanakanKarir Yang Ideal Di Masa Depan

21 December 2015
Category: SECRETARY
Penulis:         Stephanie Octavia, S.E
Menjadi Pribadi Efektif Demi MerencanakanKarir Yang Ideal Di Masa Depan

Banyak orang bijak berkata kesuksesan dan kegagalan bukanlah hal yang kebetulan, kesuksesan meninggalkan jejak. Jika kita ikuti jejak orang-orang sukses tak peduli darimana kita memulainya, pada akhirnya akan mencapai tempat yang sama dengan mereka. Begitu juga kesan pertama begitu menggoda, selanjutnya terserah kita. Kesan itu penting, kesan yang bagus akan membuat langkah kita selanjutnya lebih mudah. Kalau kita melamar pekerjaan misalnya, buatlah diri sebagai pribadi yang mengesankan. Mungkin kita kurang memenuhi syarat, namun perusahaan akan pikir-pikir dulu sebelum memutuskan menolak lamaran Kita. Kesan yang baik lebih efektif daripada uang sogok karena saat ini banyak orang yang menantikan sebuah pekerjaan. Dimana dengan adanya pekerjaan ini, seseorang dapat memenuhi kebutuhan dalam kehidupannya. Karena dari tahun ke tahun, kebutuhan manusia meningkat. Tidak hanya kebutuhan primer saja melainkan sekunder sudah wajib untuk dipenuhi. Dalam bekerja terdapat beberapa filter yang membuat seseorang puas, salah satunya adalah karir. Bekerja tidak sesuai bidang, sekalipun gaji tinggi bisa membuat rasa tidak puas yang pada akhirnya berpengaruh pada karir. Hal-hal yang mempengaruhi karir adalah gaji/upah, hubungan kerja, dan kondisi kerja. Masalah karir biasanya dialami dan menetap pada sekitar umur 30 tahun ke atas.

Menjadi Pribadi yang Efektif adalah bagaimana kita mengaktualisasi kandiri secara utuh,mengembangkan sifai-sifat serta potensi,menerima dan menghargai diri secara positif,keterbukaan pada pengalaman,bertingkah laku menurut apa yang dirasa dan dapat memutuskan tindakan yang dianggap benar. Selain itu kita juga harus bersifat kreatif,terbuka,fleksibel,dan berkembang terhadap lingkungan. Bagaimana mengembangkan diri untuk menjadi pribadi efektif demi meningkatkan karir, berikut adalah apa yang dapat dilakukan:

    1.Tidak berhenti untuk belajar

    Salah satu cara untuk meningkatkan karir adalah kemauan untuk selalu belajar. Mengikuti training,seminar ataupun hal-hal lain yang dapat kita serap ilmu pengetahuannya. Bila ada waktu sebaiknya bacalah koran, majalah, buku dan media lainnya yang memuat artikel yang berhubungan dengan pekerjaan kita. Hal ini sangat berguna bagi kita untuk selalu mendapatkan pengetahuan update, sehingga pemikiran terbuka dan bisa berkreasi dalam pekerjaan.

    2.Jangan mudah mengeluh

    Lakukan setiap tugas yang diberikan dengan cepat dan tepat. Meski terasa berat jangan sekali-kali mengeluarkan kata-kata keluhan apalagi dihadapan teman rekan kerja kita sendiri. Karena hal tersebut mengundang rasa tidak simpati dari rekan kerja kita. Mengeluh termasuk ketika kita melihat segala hal dari sudut yang negatif, maka sebetulnya kita telah menjatuhkan motivasi kita sendiri. Usahakan untuk mengerjakan tugas tersebut dengan penuh semangat sehingga kita dapat mendapatkan nilai yang lebih baik dari atasan dan rekan kerja. Dengan cara ini maka karir dalam pekerjaan kita juga bisa meningkat ketika ada promosi.

    3.Jangan malu bertanya dan meminta pendapat orang lain

    Kita dapat bertanya pada rekan kerja, atasan dan teman kerja lainnya. Namun jika jawaban rekan kerja mau atasan kita tidak sejalan dengan pendapat kita memang sulit untuk mengakui atau berjiwa besar bahwa pendapat kita bukanlah pilihan yang terbaik. Tetapi tetap saja kita tidak perlu ngotot pada pendapat kita dan menutup pikiran kita dari pengaruh orang lain. Kondisi ini dapat menyebabkan kita sulit untuk berkembang menjadi pribadi yang lebih efektif.

    4.Mengakrabkan dengan rekan kerja

    Mengakrabkan diri dengan memperhatikan kepribadian rekan kerja, merupakan salah satu jalan untuk membangun karir yang lebih tinggi dalam pekerjaan. Pada saat istirahat atau senggang, usahakan dengan melakukan pembicaraan dengan rekan kerja.

    Pembicaraan tidak harus selalu membahas masalah pekerjaan tetapi kehidupan pribadi. Namun jadilah pemegang rahasia yang baik,jangan membeberkan masalah pribadi ke orang lain. Hal tersebut akan mempermudah kelancaran pekerjaan tanpa melakukan persaingan yang tidak sehat.

    5.Mendekatkan diri pada atasan

    Kualitas hubungan pribadi dengan atasan berbanding lurus dengan kualitas hasil pekerjaan kita.Kualitas diartikan sebagai bentuk hubungan formal pekerjaan yang produktif. Namun tentu saja cara pendekatan juga harus berbeda dengan pendekatan kepada rekan kerja. Karena bila ini terjadi pendekatan yang berlebihan akan menyebabkan kecemburuan. Bila ini terjadi akan mengakibatkan tidak baik dengan rekan kerja.

    6.Suka menolong

    Sempatkan diri untuk menolong sesama rekan kerja ketika sedang menghadapi masalah, jika kita dapat menolongnya maka mereka akan memberikan apresiasi. Dengan menolong kita juga memberikan manfaat bagi orang lain. Menolong dapat diartikan dalam kontex saling memudahkan rekan kerja.

    Peningkatan karir berarti ditentukan oleh pemilihan pekerjaan. Dalam pemilihan pekerjaan, kita harus melihat kemampuan/keahlian, kepribadian dan minat kita. Sehingga kita mampu menikmati pekerjaan kita dengan senang hati. Apapun yang kita kerjakan, ketika kita meningkatkan karir membutuhkan jangka waktu yang lama. Penting bagi kita untuk memilih satu pekerjaan yang benar-benar kita nikmati. Selain strategi diatas, keseriusan kita dalam meningkatkan karir yang baik tidak hanya bekerja keras tetapi juga bekerja dengan pintar. Kerja keras setiap saat memang seharusnya yang tidak bisa ditawar lagi. Namun sangat menyedihkan banyak dari kita yang bekerja keras hanya berujung pada rutinitas semata sehingga menjadi kebosanan dan lupa waktu juga keluarga.

    Kesimpulannya untuk mencapai sesuatu yg belum pernah dicapai kita harus jadi orang yang berbeda.Kualitas yang harus diciptakan adalah kualitas luar biasa yang menjadikan kita manusia lebih baik.Bukan hanya dalam karakter,kegigihan,disiplin,keputusan,kekuatan dan seterusnya.Kita harus membentuk diri menjadi pribadi yang efektif.Kini kita sudah tahu apa yang harus dilakukan untuk meningkatkan karir yang ideal, jadi mari kita lakukan sekarang.

   For Further Information, Please Contact Us!