Articles

Read the articles about accounting,internal audit, tax, human resource,information and technology

Tipe Karyawan Penunjang Keberhasilan Perusahaan

29 August 2015
Category: HUMAN RESOURCE
Penulis:         Deacy Anindya Putri, S. Psi
Tipe Karyawan Penunjang Keberhasilan Perusahaan

Sudah banyak kita saksikan atau bahkan kita rasakan kejamnya persaingan dunia kerja di sekeliling kita. Bangkit atau jatuhnya sebuah perusahaan salah satunya dapat dilihat dari kinerja karyawan di dalamnya. Setiap karyawan memang memiliki karakteristik yang berbeda-beda. Namun dengan adanyaskilldan backgroundyang beragam ini kinerja tim akan menjadi semakin inovatif dan kreatif. Oleh karena itu, sudah saatnya bagi perusahaan untuk mencari karyawan yang mampu bekerja sama dengan tim, karena pengalaman dan riset mengungkapkan bahwa kesuksesan yang bertahan lama adalah kesuksesan yang dibangun oleh sebuah tim yang hebat, bukanone man show.

Dikutip dari blog Linkedin, inilah cara Beth Comstock, CMO GE dalam merekrut karyawan di perusahaannya. Untuk mendapatkan pemain tim yang hebat, inilah empat tipe karyawan yang dia cari:

1. Seorang yang bisa memberikan pandangan berbeda

Kita perlu mencari orang yang bisa melihat permasalahan organisasi dengan mindset atau pandangan yang berbeda, sehingga orang-orang di dalamnya dapat berpikir out of the box. Perbedaan cara pandang tersebut bisa disebabkan oleh latar pendidikan yang beragam. Background tersebut berpengaruh pada cara seseorang dalam berpikir kritis.

2. Seorang yang bisa menemukan jalan keluar

Seseorang yang dapat bekerja dengan baik dalam tim adalah mereka yang bisa tetap fokus ketika menghadapi situasi yang menyulitkan. Salah satu cara yang bisa kita lakukan ketika merekrut adalah dengan memberikan semacam skenario yang cukup kompleks dan kandidat harus menyelesaikannya ketika tes tulis. Hasil dari penugasan tersebut dapat mengindikasikan apakah seseorang cukup taktis dalam menyelesaikan masalah kompleks atau tidak.

3. Seorang dengan Design Training

Perusahaan perlu orang yang bisa berpikir kreatif dalam menciptakan sebuah design. Design yang dimaksud bukanlah design produk tetapi lebih kepada rancangan alur dalam menyelesaikan masalah. Jadi ketika ada sebuah konsep baru, ia mampu membuat bagan berupa alur yang dapat dimengerti oleh banyak orang. Bahkan meskipun orang tersebut hanya mengerti garis besar tanpa mendalami materinya.

4. Orang yang bisa bermain secara seimbang

Dalam sebuah tim memang diperlukan orang-orang yang memiliki skill yang spesifik. Misalnya, dia adalah tipe investigator, integrator, innovator dan implementor sekaligus. Ada orang seperti itu dan biasanya di dalam team, mereka adalah si pimpinan.

   For Further Information, Please Contact Us!