Articles

Read the articles about accounting,internal audit, tax, human resource,information and technology

STRATEGY MEMBANGUN TIM INTERNAL AUDIT YANG SOLID

14 February 2020
Category: INTERNAL AUDIT
Penulis:         Ricky Richard Bua, S.E., M.M.
STRATEGY MEMBANGUN TIM INTERNAL AUDIT YANG SOLID

Berada dijaman serba digital seperti sekarang ini cenderung membuat banyak orang menjadi sangat individual dalam segala hal, terutama dalam hal pekerjaan. Kemudahan kita dalam mengakses segala informasi yang kita butuhkan, membuat kita seakan tidak lagi membutuhkan bantuan dari orang lain. Secara tidak langsung, fenomena seperti ini perlahan mulai mengancam pentingnya nilai kerjasama dalam suatu tim. Prinsip kerja sama dalam suatu perusahaan sangat perlu untuk diperhatikan. Karena dalam menjalankan kegiatan operasionalnya setiap hari, perusahaan memerlukan banyak sinergi yang tentunya berasal dari anggota yang berada dalam setiap departemen yang ada di perusahaan tersebut. Disamping itu, kerjasama juga penting sebagai wadah untuk memperdalam keahlian interpersonal dan intrapersonal.

Internal audit merupakan salah satu departemen yang ada dalam suatu perusahaan, yang sering sekali menghadapi pekerjaan dengan tingkat kompleksitas yang tinggi. Mengingat diera saat ini, departemen internal audit tidak lagi hanya dipandang sebagai “watchdog” tapi juga dituntut untuk bisa menciptakan suatu pola kerja yang efektif dan efisien, memitigasi segala kemungkinan risiko, dan juga mencegah terjadinya praktik fraud di lingkungan perusahaan. Sehingga para auditor yang ada, tidak hanya dituntut untuk bisa bekerja secara mandiri namun harus bisa juga bekerja sama dalam satu tim. Dengan menyatukan segala kelebihan yang dimiliki oleh setiap anggota yang ada didalamnya, diharapkan diharapkan internal audit dapat memberikan kontribusi yang besar bagi perkembangan suatu perusahaan. Berikut adalah beberapa strategi yang dapat digunakan dalam membangun tim internal audit yang solid:

    §Satukan tujuan

    Satukan tujuan yang ingin dicapai. Suatu tim internal audit harus memiliki tujuan yang sama dalam bekerja. Hal ini tentunya akan menjadi penyemangat dalam tim tersebut untuk bisa bekerja sama dalam mencapai tujuan. Hal ini harus didukung oleh kemampuan pemimpinnya dalam menggerakkan anggotanya untuk bekerja sesuai dengan tujuan yang telah ditetapkan sebelumnya

    §Kepercayaan antar anggota

    Rasa kepercayaan yang diberikan seorang pemimpin kepada anggotanya akan membuat anggota tersebut menjadi lebih percaya diri dalam menjalankan tugasnya dan membuatnya menjadi lebih mandiri. Hal ini perlu untuk dilakukan, mengingat internal audit adalah tipekal pekerjaan yang harus dikerjakan tidak hanya berkelompok tapi juga individual.

    §Lakukan evaluasi tim

    Evaluasi tim harus dilakukan sesering mungkin. Pemimpin harus melakukan evaluasi terkait kinerja anggotanya, begitupun sebaliknya. Evaluasi ini perlu untuk dilakukan, demi meningkatkan kualitas kerja dari tim tersebut

Team work adalah penentu sukses tidaknya suatu perusahaan dalam menjalankan proses bisnis yang ada didalamnya. Dan internal audit merupakan suatu departemen yang memiliki pengaruh paling kuat dalam menentukan berhasil tidaknya perusahaan tersebut dalam mencapai tujuannya. Menyikapi hal tersebut setiap anggota yang ada didalamnya perlu untuk terus menyatukan tujuan bersama, saling memberikan kepercayaan, serta terus melakukan perbaikan dengan kegiatan evaluasi tim internal audit yang dilakukan sesering mungkin.

   For Further Information, Please Contact Us!