Articles

Read the articles about accounting,internal audit, tax, human resource,information and technology

PENERAPAN AKUNTANSI DALAM KEGIATAN SEHARI-HARI

14 February 2020
Category: SECRETARY
Penulis:         Theresia Jeanita, S.E.
PENERAPAN AKUNTANSI DALAM KEGIATAN SEHARI-HARI

Akuntansi merupakan suatu proses yang berhubungan dalam mengelola data keuangan dari mulai mencatat hingga menyajikannya dalam suatu laporan keuangan, dimana laporan tersebut ditujukan kepada pihak-pihak yang berkepentingan dalam suatu perusahaan. Akuntansi sebagai suatu sistem informasi yang dapat menghasilkan suatu laporan keuangan yang memiliki manfaat bagi berbagai pihak, baik pihak internal maupun eksternal yang mempunyai kepentingan terhadap aktifitas ekonomi perusahaan tersebut.

Salah satu istilah yang sering digunakan dalam dunia akuntansi adalah jurnal, dimana jurnal ini merupakan kegiatan untuk mencatat semua transaksi yang terjadi dalam suatu perusahaan, dimana dicatat secara rinci dan berurutan sesuai waktu terjadinya. Dalam akuntansi juga dikenal aktiva dan pasiva. Aktiva adalah harta atau sumber daya ekonomi yang dipunyai oleh suatu perusahaan untuk keberlangsungan usaha dimasa mendatang. Sebaliknya Pasiva adalah pengorbangan atau kewajiban ekonomi yang dilakukan perusahaan untuk menjalankan perekonomian perusahaan. Laporan keuangan sendiri terdiri dari laporan laba rugi, laporan perubahan modal, laporan posisi keuangan, laporan arus kas serta catatan atas laporan keuangan.

Penerapan akuntansi untuk kegiatan sehari-hari sangat diperlukan bagi banyak orang. Misalkan saja mencatat segala keperluan yang dimaksudkan untuk tujuan mengendalikan keuangan orang tersebut. Manfaat dengan adanya akuntansi dalam kehidupan sehari-hari adalah kita dapat mengetahui apa saja penerimaan dan pengeluaran dari uang kita serta dapat juga mengawasi, mengontrol, merencanakan keuangan kita.

Dengan menerapkan kegiatan akuntansi ini setiap harinya maka akan sangat membantu mengendalikan keuangan kita. Dengan adanya pencatatan tersebut, maka seseorang dalam mempertimbangkan keputusan yang diambil apakah termasuk keputusan itu tepat atau tidak. Mengelola keuangan merupakan sesuatu yang sulit, dimana dalam kehidupan ini pastilah semua orang mempunyai hutang. Dengan adanya hutang tersebut maka menerapkan akuntansi sangat diperlukan sehingga dapat diketahui sinyal keuangan yang dimiliki seseorang itu berada pada tahap aman atau tidak.

   For Further Information, Please Contact Us!