Articles

Read the articles about accounting,internal audit, tax, human resource,information and technology.

MENGAPA PENERAPAN AKUNTANSI MAMPU MENINGKATKAN NILAI BISNIS

24 January 2020
Category: ACCOUNTING
Penulis:         Ernatalia Sari, S.E.
MENGAPA PENERAPAN AKUNTANSI MAMPU MENINGKATKAN NILAI BISNIS

Anda pasti tahu, bahwa setiap perusahaan membutuhkan akuntansi untuk membuat pencatatan keuangan dan pajak lebih mudah dikelola dan dilaporkan, tetapi tahukah Anda bahwa itu akuntansi juga dapat meningkatkan nilai bagi klien Anda? Sama seperti diet sehat yang dapat membuat seseorang terlihat lebih menarik dari luar, prosedur back office yang sehat dapat membantu bisnis Anda terlihat lebih baik bagi orang luar, termasuk klien Anda saat ini. Berikut adalah 9 alasan mengapa akuntansi dapat membantu meningkatkan nilai bisnis Anda:

    a.Pemasaran Yang Lebih Baik

    Akuntansi membantu Anda membuat prakiraan pendapatan yang lebih baik untuk perusahaan Anda. Prakiraan pendapatan tidak hanya untuk penganggaran dan perencanaan di masa mendatang. Hal ini juga dapat digunakan untuk membantu memahami apakah upaya pemasaran Anda saat ini berhasil atau meleset dari sasaran. Biaya pemasaran memiliki kecenderungan untuk keluar dari kendali, terutama pada fase awal bisnis. Tanpa informasi yang tepat waktu dan berguna tentang pendapatan, pengeluaran, dan arus kas, bagaimana Anda tahu jika Anda mampu meluncurkan promosi baru? Kapan waktu yang tepat untuk meluncurkan produk baru? Apakah promosi Anda mengarahkan pada hasil yang diinginkan? Bagaimana harga dan promosi mempengaruhi penjualan? Tanpa data keuangan yang baik, sulit untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan ini. Dan itulah kegunaan penerapan Akuntansi yang baik dan sesuai standar bagi perusahaan Anda.

    b.Menjaga Stabilitas Keuangan

    Akuntansi yang membantu bisnis Anda dalam membuat dan mengendalikan anggaran perusahaan untuk mengetahui kapan dan bagaimana uang datang dan pergi dalam arus kas bisnis Anda. Ini juga dapat membantu Anda merencanakan cadangan kas yang cukup saat Anda menghadapi krisis yang tidak Anda kira. Perusahaan tanpa anggaran seperti kapal yang melayang di laut tanpa kapten, Anda tidak pernah tahu kapan Anda bisa menabrak gunung es atau kandas. Apa hubungannya penganggaran dengan klien Anda? Pertimbangkan hal ini: ketika Anda sedang melakukan efisiensi ketat pada pengeluaran bisnis, Anda mungkin harus memotong biaya pada pengeluaran tertentu. Mungkin Anda perlu melepaskan karyawan yang telah membangun hubungan baik dengan pelanggan atau membiarkan pelanggan menggunakan produk Anda dengan sistem pelayanan sendiri (self-service). Terkadang memang memungkinkan untuk memotong biaya sambil mempertahankan atau meningkatkan kualitas, tetapi tindakan pemotongan biaya lainnya memengaruhi kepuasan dan loyalitas pelanggan. Mereka bahkan mungkin menandakan bahwa bisnis Anda sedang berjuang untuk bertahan hidup. Pelanggan tidak ingin naik kapal yang akan tenggelam, jadi pertahankan informasi akuntansi yang akurat, kendalikan anggaran Anda.

    c. Berinvestasi dalam Kualitas dan Efisiensi secara tepat.

    Akuntansi yang juga membantu pemilik bisnis mempertimbangkan konsekuensi pengambilan keputusan tentang investasi besar. Bisakah investasi pada software atau peralatan baru berdampak signifikan pada proses Anda? Bisakah ini membantu karyawan menyelesaikan pekerjaannya lebih cepat dan dengan lebih sedikit stres? Bisakah itu memuaskan klien dengan meningkatkan waktu penyelesaian atau menyediakan produk atau layanan berkualitas tinggi? Tanpa data keuangan terbaru, sulit untuk mengetahui kapan waktu yang tepat untuk melakukan investasi semacam itu, apakah Anda mampu melakukannya, dan apa dampaknya terhadap arus kas. Dengan informasi akuntansi tepat waktu berarti Anda lebih siap untuk mengambil keuntungan dari investasi tersebut ketika ada peluang.

    d.Mempekerjakan Karyawan yang Lebih Bahagia

    Akuntansi bukan hanya tentang debit dan kredit. Itu juga penting untuk sumber daya manusia. Data keuangan yang tepat waktu membantu Anda mengetahui kapan harus menambah staf baru atau kapan Anda perlu melakukan perampingan pekerja. Anda juga dapat mengamati perbedaan pada saat bisnis berada di tahun yang menguntungkan atau ketika berada di zona merah. Ketika Anda tahu persis berapa banyak pengeluaran bisnis Anda untuk gaji dan upah, pajak gaji, tunjangan karyawan, dan tunjangan lainnya, Anda lebih mampu membuat keputusan pertumbuhan untuk bisnis Anda. Setelah Anda merekrut orang yang tepat, saatnya untuk membuat mereka bahagia! Memiliki klien yang bahagia dimulai dengan karyawan yang bahagia. Jadi apa yang membuat karyawan senang? Menurut Harvard Business Review, bagi sebagian besar karyawan mereka akan senang jika mereka memperoleh manfaat dan tunjangannya, termasuk asuransi kesehatan, asuransi gigi dan penglihatan, jam fleksibel, waktu liburan, opsi kerja-dari-rumah, pinjaman mahasiswa dan bantuan biaya kuliah dan banyak lagi. Akuntansi yang dapat membantu organisasi Anda merencanakan dan menghitung gaji, kebijakan liburan, cuti sakit, cuti dibayar, tunjangan medis, dan aspek pekerjaan lainnya.

    e. Pencegahan Penipuan (Fraud)

    Ketika Anda memiliki catatan dalam sistem akuntansi bisnis Anda, Anda membandingkan transaksi yang mengenai rekening bank Anda dengan buku cek perusahaan Anda, membandingkan pengeluaran aktual dengan anggaran dan dengan hati-hati melihat uang mengalir masuk dan keluar dari bisnis Anda. Pengawasan ini dapat membantu Anda menemukan perbedaan dengan cepat karena penggelapan, penipuan, pemborosan, atau kecerobohan.

    Fraud dapat memiliki dampak signifikan pada bisnis Anda, tidak peduli seberapa kecil itu. Bayangkan jika ada satu orang karyawan yang korup di perusahaan Anda, dan itu menjadi sebuah berita. Pelanggan mungkin kehilangan rasa hormat dan kepercayaan. Anda mungkin harus meluangkan waktu ekstra dan sumber daya untuk memantau dampak dan meyakinkan klien bahwa perusahaan Anda masih layak dipercaya dan berdiri atas visi misi yang benar.

    f.Mengontrol Biaya

    Ketika kita berbicara tentang mengendalikan biaya, kebanyakan orang berpikir untuk meningkatkan laba. Meskipun itu tentu saja penting, namun bukan hanya hal itu saja jika kita menginginkan organisasi yang lebih efektif. Yang perlu Anda tahu adalah bahwa akuntansi adalah fungsi back-office yang penting dari perusahaan mana pun. Setiap bisnis memiliki sumber daya yang terbatas. Catatan akuntansi perusahaan Anda berisi data yang dapat membantu pengambilan keputusan untuk semuanya, mulai dari meningkatkan operasi hingga menanggapi kebutuhan pelanggan dan mengukur hasil yang telah dan akan dilakukan pada bisnis Anda.

    g.Manajemen Keuangan yang Baik

    Apakah Anda menjalankan bisnis Anda dengan peputaran keuangan bisnis yang tengah menghadapi krisis?Pelanggan selalu memperhatikan pelayanan yang Anda berikan. Mereka memperhatikan ketika kebutuhan mereka tidak terpenuhi karena bisnis Anda sedang susah payah berjuang. Ini semua adalah tanda-tanda manajemen keuangan yang buruk, dan itu mematikan bagi klien. Mereka bahkan dapat mempengaruhi pelanggan Anda untuk membawa uang mereka ke tempat lain. Manajemen keuangan dan akuntansi akan membuat arus kas Anda terkontrol dengan baik dan tentunya membantu Anda menangani pendapatan dan pengeluaran dengan masuk akal.

Oleh karena itu ada baiknya bagi anda pelaku bisnis yang belum menerapkan akuntansi mulai mempertimbangkan penerapan akuntansi sehingga dapat menjaga stabilitas perusahaan anda dan membantu perusahaan agar dapat berkembang dengan baik sesuai dengan sumberdaya yang dimiliki dengan memiliki strategi bisnis yang tepat dan akurat. Anda dapat memulainya dengan berkonsultasi dengan tenaga ahli dalam bidang akuntansi keuangan, seperti yang disediakan oleh kantor kami, kami akan membantu anda mewujudkan pembukuan akuntansi yang tepat dan memberikan Analisa keuangan yang strategis untuk perusahaan anda.

   For Further Information, Please Contact Us!