Articles

Read the articles about accounting,internal audit, tax, human resource,information and technology.

MENGENAL AUGMENTED REALITY DAN KEGUNAANNYA

10 January 2020
Category: SECRETARY
Penulis:         Jockie Utomo P., S.Kom
MENGENAL AUGMENTED REALITY DAN KEGUNAANNYA

Pernahkah Anda mendengar teknologi bernama Augmented Reality? Pernahkah Anda menggunakan teknologi ini? Tidak? Sebenarnya, Augmented Reality sudah ada dan sering kali kita jumpai pada kehidupan sehari-hari, dan bahkan anda juga mungkin sudah pernah menggunakan teknologi ini. Dalam artikel ini, saya akan menjelaskan mengenai apa itu Augmented Reality dan apa manfaat yang bisa didapatkan dengan Augmented Reality.

Augmented Reality atau disebut juga AR adalah teknologi dimana seseorang dapat mengalami melalui 3D video dan audio. Kemudian apa bedanya dengan Virtual Reality atau VR? AR dan VR memang mirip, akan tetapi ada perbedaan besar antara keduanya.

Jika Virtual Reality membawa seseorang ke dalam ‘dunia virtual’ yang berbeda untuk merasakannya, beda halnya dengan Augmented Reality. Teknologi AR berhubungan dengan dunia nyata. Contohnya seperti merk cat terkenal, Dulux, mempunyai sebuah aplikasi dimana seseorang dapat mengubah warna dinding rumahnya dalam seketika. Hal yang perlu dilakukan adalah mengarahkan smartphone ke arah dinding yang ingin dicat ulang. Setelah itu, Anda hanya perlu memilih warna cat untuk dipilih dan warna dinding Anda akan berubah dalam seketika sesuai pilihan anda. Tentu saja, dalam kehidupan nyata warna dinding Anda tidak benar benar berubah seperti yang tampak pada smartphone anda di dunia nyata, namun Anda dapat melihat perubahannya melalui aplikasi di smartphone Anda.

Augmented Reality juga dapat ditemukan pada Instagram. Apakah Anda mempunyai akun Instagram? Jika ya, Anda mungkin juga pernah menggunakan teknologi tersebut. Pada fitur story anda dapat melakukan selfie dengan menggunakan berbagai filter. Ketika Anda menggunakan fitur ini, wajah Anda tidak berubah di dunia nyata, bukan? Hanya saja, wajah Anda berubah di layar smartphone. Itulah teknologi yang dinamakan Augmented Reality, sebuah teknologi yang berhubungan dengan dunia nyata. Kedua contoh ini, membuktikan bahwa salah satu perusahaan cat Dulux dan sosial media seperti Instagram menggunakan AR interactive pada aplikasi mereka.

Selain contoh diatas, kira-kira apa lagi manfaat Augmented Reality dikehidupan sehari hariya?

Retail

Saat ini sudah banyak sekali bisnis yang bergerak di bidang retail menggunakan teknologi Augmented Reality untuk mendukung usaha mereka dalam pemasaran produk, salah satunya merk cat Dulux, seperti yang sudah dibahas sebelumnya. Selain Dulux, ada banyak lagi merk yang menggunakan teknologi AR ini seperti Ikea, GAP, Amazon, Sephora, dan lain-lain. Mengapa banyak perusahan retail menggunakan Augmented Reality? Kebanyakan dari perusahaan ini berupaya untuk memudahkan pembeli dan juga menarik perhatian orang untuk membeli produk mereka.

Ikea merupakan perusahaan yang sudah menjadi pemain lama yang menggunakan teknologi Augmented Reality, dimana calon pembeli dapat menggunakan aplikasi gratis dari ikea untuk merasakannya. Aplikasi yang dibuat oleh Ikea tersebut dapat membuat Anda dapat menaruh produk Ikea di rumah Anda melalui teknologi Augmented Reality. Hampir sama dengan aplikasi yang dimiliki oleh Dulux, Anda hanya perlu mengarahkan smartphone Anda ke ruangan yang Anda inginkan, dan menaruh perabotan di tempat yang Anda mau. Dengan begini, anda dapat melihat apakah produk yang anda inginkan yang cocok untuk ditaruh di ruangan tersebut. Aplikasi ini sangat memudahkan pembeli, mengingat lokasi toko Ikea yang lumayan jauh dari pusat kota, sehingga calon pembeli diperkenankan untuk ‘mencoba’ produk tersebut di rumah.

Traveling

Anda suka traveling? Kegiatan ini digemari oleh banyak orang, namun apakah Anda pernah merasa kesulitan untuk mencari jalan atau tidak mengerti suatu bahasa ketika pergi ke luar negeri? Tenang saja, karena sekarang sudah ada aplikasi yang dapat membantu Anda untuk menghadapi kedua hal tersebut.

Yang pertama, adalah ARTKit. Aplikasi ini hampir mirip dengan aplikasi navigasi pada umumnya yang dibuat oleh Apple. Bedanya, Anda dapat melihat rute perjalanan dan penjelasannya secara real-time dengan menggunakan aplikasi ini. Misalnya, Anda pergi ke bandara, dan Anda tidak tahu harus pergi kemana. Jika Anda menjalankan aplikasi ini, sebuah garis akan muncul di smartphone Anda, yang akan mengarahkan ke tempat tujuan Anda. Selain itu, jika Anda mengarahkan smartphone Anda ke toko-toko maka akan ada penjelasan singkat mengenai toko tersebut. Ini juga dapat disebut sebagai AR wayfinding. Menarik, bukan? Sayangnya, aplikasi ini hanya diperuntukan bagi pengguna produk Apple, yaitu iPad dan iPhone.

Yang kedua, adalah Google Translate. Applikasi ini adalah terobosan dari perusahaan Google. Jika anda pergi ke luar negeri dan menemukan tulisan dengan bahasa lokal di jalan, Anda tidak perlu lagi mengetik di aplikasi tersebut untuk mengetahui artinya. Tetapi Anda hanya perlu mengarahkan kamera smartphone anda pada tulisan tersebut yang kemudian secara instan arti dari tulisan tersebut akan terlihat pada layar smartphone Anda. Berkat aplikasi Google Translate, Anda dapat traveling dengan aman dan nyaman dimana bahasa lokal bukan lagi kendala bagi anda.

Teknologi Augmented Reality sangat membantu dalam berbagai hal. Tentunya, Augmented Reality juga membantu usaha anda untuk berkembang. Apakah Anda pengusaha? Atau ingin mengembangkan usaha dengan teknologi AR?

   For Further Information, Please Contact Us!