Articles

Read the articles about accounting,internal audit, tax, human resource,information and technology.

Beberapa Cara Untuk Menekan Biaya Operasional

10 January 2020
Category: MANAGEMENT SYSTEM
Penulis:         Vincent Yofieanto, S.Ak.
Beberapa Cara Untuk Menekan Biaya Operasional

Memperoleh keuntung merupakan tujuan dari dibentuknya suatu perusahaan. Untuk mewujudkan tujuan tersebut banyak hal yang harus dilakukan oleh manajemen, salah satunya adalah penetapan harga jual. Strategi penetapan harga jual yang baik adalah dengan menggunakan strategi target pricing, dimana strategi ini memperhatikan baik dari sisi customer maupun dari sisi competitor. Penggunaan strategi ini sangat dipengaruhi oleh hukum permintaan dan penawaran di pasar, sehingga perusahaan tidak dapat membentuk harga tetapi harga dibentuk oleh pasar. Lalu bagaimanakah caranya suatu perusahaan agar dapat memperoleh keuntungan yang maksimum? Cara yang dapat dilakukan adalah dengan menetapkan suatu target biaya dalam proses produksi. Dengan adanya target biaya tersebut manajemen harus mampu memproduksi suatu barang tanpa melebihi target yang telah ditetapkan. Agar keuntungan perusahaan lebih optimum lagi tentu saja manajemen harus mampu mengeluarkan biaya tidak lebih dari target yang ditetapkan.

Untuk memperoleh biaya yang rendah tersebut terkadang banyak pelaku bisnis yang salah dalam memilih strategi. Sering kali para pelaku bisnis memangkas biaya-biaya yang terjadi tetapi mengabaikan faktor lain dan dampak yang timbul atas tidakan yang dilakukan tersebut. Oleh karena itu terdapat beberapa tips yang dapt digunakan untuk menghemat biaya operasional secara efektif:

    1.Efisiensi Proses Kerja

    Kebanyakan proses kerja cenderung tidak efisien dan berlebihan. Perusahaan perlu untuk melakukan evaluasi terhadap proses kerja yang ada. Perusahaan disarankan untuk menganalisa proses kerja yang mana yang penting dan yang tidak penting. Peralatan yang berlebihan, konsumsi listri, air, telepon dan lain-lain sebaiknya diatur penggunaannya agar lebih hemat.

    2.Efisiensi Sumber Daya Manusia dan Manfaatkan Teknologi

    Dalam memilih sumber daya manusia perusahaan harus memilih sumber daya manusia dengan kualitas terbaik. Tidak hanya memilih tetapi meletakan orang tersebut sesuai dengan posisi yang tepat seperti kata pepatah “right man in the right place”. tentu saja dengan lebih selektif memilih sumber daya manusia harus diiringin dengan percepatan, dan percepatan itu hanya dapat dibantu dengan teknologi. Investasi dibidang teknologi memang sangat besar tetapi dengan bantuan teknologi ini secara biaya operasional akan jauh lebih murah, seperti dapat melakukan rapat via video call atau menyimpan berkas dalam bentuk softcopy

    3.Mengatur Cuti dan Lembur

    Adanya kebijakan menganai cuti dan lembur sangat penting bagi perushaan. Lembur yang berlebihan akan meningkatkan biaya overhead kantor. Dan tentu saja adanya lembur tersebut dapat menjadi salah satu indikasi bahwa karyawan tersebut tidak produktif saat jam kerja. Pengaturan giliran cuti juga penting terutama apabila karyawan tersebut memiliki pekerjaan yang banyak dan menumpuk. Bagi karyawan yang memiliki pekerjaan banyak dan menumpuk tersebut dapat diberikan cuti ketika dia telah menyelesaikan kewajibannya.

    4.Perhatikan Biaya Operasional Lainnya

    Memperhatikan biaya operasional sangat penting bagi perusahaan terutama biaya operasional yang erat kaitannya dengan biaya variable. Biaya variable akan berubah berdasarkan tingkatan aktivitas bisnis perusahaan. Berdasarkan biaya variable yang membengkak itulah perusahaan perlu melakukan analisa terhadap aktivitas yang berkaitan dengan meningkatnya biaya tersebut

    Menekan biaya memang bukan hal yang mudah dilakukan oleh manajemen. Perlu adanya kesadaran dari setiap pihak terkait agar perusahaan dapat menekan biaya denga optimum sehingga laba operasi yang dihasilkanpun juga tinggi.

   For Further Information, Please Contact Us!