Articles

Read the articles about accounting,internal audit, tax, human resource,information and technology.

CROSS DEPARTMENT COLLABORATION BETWEEN HRD AND FINANCE

14 December 2019
Category: HUMAN RESOURCE
Penulis:         Ketut Dewi Pramadiningtyas, S. Psi
CROSS DEPARTMENT COLLABORATION BETWEEN HRD AND FINANCE

Setiap karyawan dalam perusahaan memiliki peran dan fungsi yang berbeda-beda sesuai dengan departemen ia berada. Meski berbeda, namun mereka harus dapat berjalan ke-arah yang sama sesuai dengan visi & misi dan core bisnis perusahaan. Untuk itu, kolaborasi antar departemen adalah hal yang tidak mungkin dihindari. Misalkan saja, perusahaan yang bergerak di bidang manufaktur, tentunya departemen sales tidak bisa sepenuhnya menjalankan peran dalam penjualan bila tidak ada koordinasi dengan departemen produksi. Departemen produksi tidak bisa melakukan produksi bila tidak ada peran dari departemen PPIC dalam melakukan perencanaan. Bahkan departemen finance tidak dapat melakukan pencatatan keuangan bila tidak berkoordinasi dengan departemen purchasing atau seluruh bagian terkait.

Begitupula dengan departemen HRD, meski melakukan kolaborasi dengan hampir seluruh departemen yang ada di perusahaan, namun dalam rangka menjalankan peran baru sebagai partner bagi direksiuntuk merancangkan pengembangan bisnis perusahaan, tentunya tidak hanya mengandalkan orang-orang yang berkecimpung di human resource saja. Dibutuhkan orang-orang yang mengerti betul bagaimana pengelolaan dan kondisi keuangan perusahaan. Untuk itu, kolaborasi antara departemen HRD dan finance cukup krusial, guna mengindari potensi overbudget, ataupun sasaran yang kurang realistis. Tentunya perusahaan tidak menginginkan ada pembengkakan pada aspek finansial, yang berpotensi merugikan. Untuk itu, departemen finance diharapkan mampu memberikan insight agar dapat mengahsilkan perencanaan yang efektif bagi perusahaan. Secara lebih lanjut, departemen finance dapat memberikan masukan berapa anggaran bagi business plan HRD dalam cakupan:

    1.Memperkirakan jumlah pegawai dan anggaran : Departemen HRD dituntut untuk memiliki Manpower Planning tiap tahunya. Tidak hanya sekedar menyusun kualifikasi ataupun memproses setiap kandidat yang sesuai dengan kebutuhan, tetapi departemen HRD juga harus mengetahui apakah planning yang mereka rumuskan miliki pengaruh pada cost perusahan. Untuk itu, penting bagi departemen HRD dalam bekerja sama dengan finance untuk menganalisa mengenai kebutuhan anggaran yang diperlukan. Serta bilamana departemen HRD memerlukan bantuan dari vendor, tentu juga akan mempengaruhi anggaran yang di miliki oleh perusahan.

    2.Memperkirakan pengelolaan tenaga kerja dan anggaran : Tidak hanya sekedar melakukan pekerjaan yang bersifat operasional, namun departemen HRD harus dapat mengetahui bagaimana pengelolaan terhadap tenaga kerja yang ada di dalamnya. Ketika dibutuhkan adanya rotasi atau bahkan promosi/demosi maka HRD harus jeli dalam mengangkap kebutuhan itu. Adanya rotasi, promosi dan demosi juga tentunya akan berpengaruh pada salary tiap individu dan berpengaruh pada kondisi keuangan perusahaan.Terlebih bila terdapat kebutuhan untuk pelatihan bagi karyawan yang ada, tentunya membutuhkan cost yang tidak sedikit. Disini peran departemen HRD adalah menentukan kebutuhan yang diperlukan oleh karyawan sedangkan finance bertugas dalam penyusunan anggaran yang akan di keluarkan.

Kita telah mengetahui bahwa departemen HRD membutuhkan peran dari departemen finance dalam membantu pekerjaan mereka. Lalu bagaimanakah cara sederhana agar terciptanya kolaborasi yang efektif antara departemen HRD dan finance :

    a.menanamkan visi misi perusahaan, agar tiap individu dapat berjalan ke satu arah yang sama

    b.menanggapi perbedaan pendapat dengan bijaksana dan jadikan perbedaan sebagai pembelajaran

    c.komunikasi yang interaktif dan efektif untuk proses mempemudah kerjasama

    d.menghargai kinerja antar anggota, agar menjaga keharmonisan antar individu.

Dengan demikian, diharapkan proses kerjasama dapat berjalan dengan baik, tidak hanya antara departemen HRD dan fianance, namun juga bagi seluruh departemen yang lain di perusahaan.

   For Further Information, Please Contact Us!