Articles

Read the articles about accounting,internal audit, tax, human resource,information and technology.

Generasi Milenial & Tech Savvy: Ini Sebuah Berkah Atau Ancaman Bagi Sumber Daya Manusia

07 December 2019
Category: HUMAN RESOURCE
Penulis:         Qanita Hasinah, S. Psi
Generasi Milenial & Tech Savvy: Ini Sebuah Berkah Atau Ancaman Bagi Sumber Daya Manusia

Tak bisa dihindari, kekuatan ekonomi yang diprediksi semakin kokoh dimotori oleh anak muda, mulai dari soal menggunakan internet hingga bisnis yang mulai dimasuki bahkan dipimpin oleh anak muda. Mayoritas pengguna internet adalah generasi milenial yang lahir ketika teknologi internet sudah mulai dikenal. Sebuah survei yang dilakukan IDN Research Institute bekerjasama dengan Alvara Research Center di 12 kota besar di Indonesia berjudul Indonesia Millenial Report 2019 menunjukkan bahwa generasi milenial Indonesia telah terkoneksi dengan internet sebanyak 94,4%, bahkan sebagian besar diantaranya telah mengalami kecanduan bahkan ketergantungan terhadap internet. Bagaimana dengan dunia kerja? Dunia bisnis sudah mulai dikuasai oleh orang-orang muda generasi milenial. Bagaimana karakteristik mereka mempengaruhi dunia kerja saat ini? Bagaimana pula perusahaan perlu melihat dan mempersiapkan mereka membangun masa depan ekonomi Indonesia?

Jumlah kaum milenial yang semakin menguasai demografi ini merupakan tantangan sekaligus peluang bagi bangsa Indonesia baik di masa sekarang maupun di masa depan. Kunci dalam penanganan kaum milenial terletak pada kata-kata kunci, bahwa mereka akan menentukan masa depan Indonesia. Untuk itu, semua pihak, baik pemerintah, maupun juga para pemimpin bisnis harus mulai mempersiapkan diri menghadapi kalangan milenial sebagai tenaga kerja mereka. PT. Astra Internasional, Tbk, sebuah perusahaan multinasional yang banyak bergerak di bidang otomotif, seperti disebut dalam Indonesian Millenial Report 2019 mengungkapkan bahwa saat ini pegawai Milenial mereka sebesar 70 persen dari 250 ribu karyawannya, fakta ini mendorong mereka untuk mengubah cara berbisnis: menyesuaikan dengan milenial. Generasi milenial memiliki keunikan dibandingkan generasi sebelumnya, misalnya soal kepiawaian dalam teknologi. Jika Generasi X (lahir 1961-1980) adalah generasi yang sangat menikmati acara dalam televisi, maka generasi milenial ini lebih tertarik dengan digital marketing dan juga tayangan termasuk iklan yang berbasis video atau internet. Hal ini senada dengan pandangan yang disampaikan Dicky Kartikoyono, Direktur Sumber Daya Manusia Bank Indonesia yang mengatakan bahwa generasi Milenial umumnya Tech Savvy.

“Secara umum mereka adalah generasi yang tidak mengalami kondisi sulit, namun mereka peka dengan perubahan teknologi atau gadget,” kata Dicky Kartikoyono, Direktur Sumber Daya Manusia Bank Indonesia

Lalu, apa yang membuat Generasi Milenial lebih Tech Savvy? Apakah mereka diuntungkan saat menjadi Tech Savvy? Generasi Milenial merasa bekembangnya teknologi dari Internet menjadi Artificial Intelligence (A.I) tampak sangat memilliki arti di setiap kehidupannya, seperti:

    1.Education, Menjadi tech savvy dipercaya dapat membantu terbiasa bekerja di lingkungan tempat kerja yang lebih sering menggunakan teknologi yang maju. Hal ini juga akan mengajarkan bagaimana cara berinteraksi dengan orang lain secara online serta bagaimana menjadi orang yang bertanggung jawab dengan persona online.

    2.Security, Merasa khawatir dengan keamanan (security) informasi yang sensitif? Saatnya sekarang untuk maju dalam hal teknologi. Informasi pribadi dapat ditemukan secara online. Dari catatan pembayaran, rekening bank, bahkan perjalanan . Dengan memanfaatkan aplikasi keamanan dan belajar tentang bagaimana cara cybersecurity bekerja, dapat membantuuntuk menemukan cara dalam merahasiakan informasi pribaditersebut dari serangan hacker.

    3.Commerce, Teknologi telah mengubah sistem perdagangan dengan cara yang mungkin tidak di kenal sebelumnya. Ya, saat ini banyak sekali situs-situs belanja online, layanan pelanggan, dan bahkan brand engagement, namun lebih dari itu, bisnis secara keseluruhan telah berubah. Itu semua karena teknologi. Salah satu kunci terbaru dalam bisnis adalah “transformasi digital.” Hal ini mengacu pada bagaimana cara teknologi tersebut dapat menciptakan sektor yang berbeda. Hal ini berdampak pada semua orang, mulai dari perusahaan dan karyawan mereka hingga pelanggan.

    4.Employment, Saat ini tempat kerja tidak lagi hanya bangunan maupun di lapangan. Dengan kemajuan teknologi, sekarang dapat bekerja di mana saja maupun berdiskusi kapan saja dengan rekan kerja menggunakan internet. Aplikasi yang dapat membantu produktivitas kerjajuga tersedia, dimana hal ini memungkinkandapat tetap mengawasi project dengan baik, bahkan jikaberada di rumah maupun di luar rumah.

    5.Productivity, Waktu terus berjalan dan sibuk dengan aktivitas pekerjaan yang harus dihadapi setiap harinya. Bahkan, mungkin memerlukan bantuan dalam merencanakan hari-hari, menyusun pertemuan dengan klien, atau tetap berhubungan dengan rekan kerja saat berada di luar kantor.

Adanya keuntungan yang dihasilkan sangat menyesuaikan dengan Generasi Milenials yang sangat fleksibel, yang tidak suka dengan adanya ikatan yang menggantung dalam dirinya. Perkembangan yang terus diikuti oleh Generasi milenial akan cenderung diterapkan kedalam kehidupan sehari-hari bahkan dalam dunia kerja. Akibatnya, dengan teknologi yang terus mentransformasi dunia Genarasi Milenial akan mengupayakan untuk maju dalam hal teknologi. Karena hal tersebut akan menjadi yang terbaik untuk dirinya.

   For Further Information, Please Contact Us!