Articles

Read the articles about accounting,internal audit, tax, human resource,information and technology.

MEMPERSIAPKAN SKILL GENERASI MILLENNIAL UNTUK MENGHADAPI TANTANGAN KERJA 2020

02 December 2019
Category: HUMAN RESOURCE
Penulis:         Mega Madya Karlina Sari, S. Psi
MEMPERSIAPKAN SKILL GENERASI MILLENNIAL UNTUK MENGHADAPI TANTANGAN KERJA 2020

Generasi millennial atau generasi Y adalah orang-orang yang lahir setelah orang-orang generasi X. Pada dasarnya tidak ada tahun yang pasti atau kapan tepatnya kelahiran generasi ini ditetapkan. Istilah ini diperkenalkan oleh penulis Amerika yaitu, William Strauss dan Neil Howe yang merupakan ahli sejarah dalam beberapa bukunya yang berjudul “Millenials Rising: The Next Great Generation”.

Menurut Buku “ Profil Millennial Indonesia” yang dibuat oleh Kementrian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak dengan Badan Pusat Statistik, millennial memiliki cir-ciri sebagai berikut :

    ·Akrab dengan Penggunaan Teknologi

    ·Memiliki Ide Kreatif dan Membuat Inovasi Baru

    ·Pendidikan yang Unggul

    ·Informatif dan Produktif

    ·Pola Pikir yang Open Minded

Melihat persaingan kerja yang semakin ketat dan akan banyak tatangan baru di masa yang akan datang, ada beberapa skill atau kemampuan yang harus diketahui dan dimiliki generasi millennial sehingga generasi millennial dapat mempersiapkan diri untuk mengahadapi tantangan baru di masa yang akan datang di tahun 2020 atau mempersiapkan diri memasuki dunia kerja. Menurut Future of Jobs Report, World Economic Forum 2016 skill atau kemampuan yang harus dimiliki yaitu :

    1.Complex Problem Solving

    Keterampilan ini sangat diperlukan, mengingat pasti akan dihadapkan pada sebuah masalah atau situasi sulit. Keterampilan ini dapat membantu menyelesaikan permasalahan atau situasi sulit yang sedang dihadapi dengan lebih mudah.

    2.Critical Thinking

Keterampilan atau skill ini dapat dilatih dengan banyak membaca dan diskusi, karena akan memiliki banyak kosa kata, membuat wawasan semakin luas dan memperdalam pembelajaran tentang berbagai topik, serta akan membuat diri mengantisipasi hal-hal yang bersifat belum tentu kebenarannya.

    3.Creativity

Era saat ini dan era yang akan datang sangat diperlukan kreativitas yang tinggi, sehingga dapat memunculkan ide-ide atau inovasi baru yang dapat memberikan dampak dan manfaat yang baik bagi lingkungan sekitar dan masyarakat luas.

    4.People Management

Setiap individu memiliki karakter yang berbeda-beda, sehingga perlunya mempelajari berbagai karakter setiap individu agar dapat memanajemen orang lain dengan baik serta sesuai dengan karakternya.

    5.Coordinating with others

Dapat berkoordinasi dengan baik akan memudahkan menciptakan tim yang solid dalam dunian kerja atau berrelasi dengan baik dengan rekan kerja sehingga akan mengurangi missed communication.

    6.Emotional Intelligence

Generasi millennial harus memahami berbagai macam emosi, mengingat emosi diibaratkan sebagai energy yang akan terus ada. Pentingnya dapat mengendalikan emosi dengan baik, sehingga akan mengurangi terkena penyakit mental.

    7.Judgement and Decision Making

Pentingnya menilai sesuatu secara objektif tidak hanya secara subjektif saja, sehingga perlunya untuk mencari informasi terlebih dahulu atau mencari bukti-bukti yang akurat. Melakukan hal tersebut akan membuat lebih bijak dalam menanggapi dan menyikapi sesuatu.

Hati-hatidan tidak perlu gegabah dalam mengambil keputusan, karena bisa jadi akan memberi dampak yang buruk, sehingga perlunya dipikirkan secara matang dalam mengambil sebuah keputusan

    8.Leadership

Dunia karier atau dunia kerja perlunya memiliki kemampuan menjadi pemimpin, tidak selamanya sebagai generasi millennial akan menduduki posisi yang sama. Kemampuan atau skill ini dapat diasah dengan menerima challenge untuk memimpin sebuah project.

    9.Public Speaking

Tidak semua orang mampu berbicara dengan baik di depan umum, akan tetapi sebagai generasi millennial keterampilan ini perlu diasah mengingat dalam dunia kerja keterampilan ini sangat diperlukan seperti mempresentasikan hasil laporan, menjelaskan product/jasaperusahaan kepada klien.

    10.Cognitive Flexibility

Keterampilan ini akan membantu menghadapi permasalahan dengan cara yang kreatif untuk menyelesaikannya. Keterampilan ini dapat diasah dengan bereksplorasi dengan pengalaman-pengalaman baru dan pegetahuan yang sudah ada sebelumnya.

Keterampilan atau skill ini akan membantu generasi millennial dalam mempersipkan diri meghadapi dunia kerja dan menghadapi tantangan yang akan datang sehingga perlunya diasah sedini mungkin agar dapat menyelesaikan tantangan dengan cara yang kreatif.

   For Further Information, Please Contact Us!