Articles

Read the articles about accounting,internal audit, tax, human resource,information and technology.

JANGAN ABAIKAN TREN DUNIA KERJA TAHUN 2020

16 November 2019
Category: HUMAN RESOURCE
Penulis:         Kartika Anggraeni, S. Psi
JANGAN ABAIKAN TREN DUNIA KERJA TAHUN 2020

Passion atau ketertarikan dalam dunia kerja erat kaitannya dengan masa depan kita sendiri. Untuk itu, jika anda saat ini masih merasa memiliki ketertarikan dalam banyak bidang dan belum bisa menspesifikasikan minat yang ingin anda terjuni, maka di semester akhir tahun seperti ini ialah waktu yang tepat untuk kita dapat merefleksikan diri.

Di tahun 2020 mendatang, menurut prediksi akan muncul beberapa tren kecanggihan teknologi yang menggeser peran manusia, perkembangan media komunikasi yang begitu pesat, menjamurnya komunitas, dan terhubungnya setiap manusia secara global di ranah digital. Perkembangan teknologi ini akan mengubah cara kita hidup dan bekerja. Beberapa pekerjaan akan hilang dan akan muncul profesi baru yang bahkan saat ini tidak ada.

Hal ini dapat dibuktikan menurut laporan dari World Economic Forum tahun 2016, ada 5 jenis pekerjaan yang diprediksikan akan sangat dicari di tahun 2020. Yang membuatnya menarik, semuanya merupakan pekerjaan yang berkaitan dengan teknologi informasi, diantaranya :

1.Digital Marketing

Semakin meningkatnya pengguna internet menjadikan internet sebagai salah satu platform penting dalam memasarkan produk dan jasa dari suatu perusahaan. Di kanal digital ini, perusahaan juga dapat melakukan promosi secara spesifik berdasarkan target market yang ingin diincar, mulai dari umur, lokasi, minat, dan lain-lain. Tidak heran profesi digital marketing ini menjadi salah satu profesi yang paling dicari di masa depan.

2.Data Analyst

Di Tahun 2019 sudah sangat banyak perusahaan yang merekrut ahli data (data scientist) untuk mengumpulkan, mengolah dan menganalisa data yang diperoleh perusahaan sehingga dapat digunakan untuk pengambilan keputusan perusahaan. Faktanya, untuk menjadi seorang data scientist, bukan berarti harus memiliki latar belakang pendidikan sains atau belajar IPA. Profesi ini sesungguhnya bisa dilakukan oleh siapa saja yang memiliki pengetahuan di bidang komputer dan elektronik, statistik, ekonomi, matematika, dan manajemen.

Tidak ketinggalan, anda juga perlu memiliki keterampilan dan kecakapan (soft skills), seperti mampu berpikir kritis, mampu menyaring data, memiliki daya analisis yang kuat, suka bereksperimen, punya rasa ingin tahu yang besar dan mempunyai kemampuan berkomunikasi yang kuat untuk bisa menyampaikan hasil data-data temuan anda dengan baik di hadapan klien.

3.Human Resources Specialist

Human Resource atau biasa yang disingkat HR, merupakan salah satu jabatan penting dalam perusahaan. Di balik perusahaan yang sukses, adalah karyawan-karyawan yang memiliki potensi dan etos kerja yang baik. Disinilah tugas utama HR, yaitu merekrut orang-orang yang mumpuni untuk menjadi karyawan suatu perusahaan.

Selain bertanggung jawab dalam proses perekrutan, seorang HR juga bertugas untuk mengawasi dan mengadakan pelatihan bagi karyawan. Mereka harus mampu menemukan bibit-bibit Rising Star di tengah ketatnya persaingan memperebutkan talent. Seperti yang dikutip dalam World Economic Forum, sebanyak 63 persen perusahaan memilih untuk melakukan pelatihan untuk meningkatkan skills karyawannya. Karena itulah, prospek kerja untuk HR akan selalu ada karena setiap perusahaan membutuhkan HR untuk merekrut dan melatih orang-orang yang tepat untuk perusahaan.

4.Software Developers

Software Developers adalah salah satu profesi yang sedang naik daun. Hal ini dikarenakan perkembangan teknologi yang sangat pesat. Semua perangkat lunak yang berada di laptop anda, adalah hasil kerja dari seorang Software Developers. Mereka memiliki tanggung jawab untuk membuat dan mengevaluasi perangkat lunak agar dapat terus berkembang, sesuai dengan preferensi klien-kliennya.

Berdasarkan data dari Bureau of Labour Statistics, prospek kerja Software Developers meningkat hingga 24 persen, angka ini melebihi angka prospek kerja lainnya. Demand untuk Software Developers sangatlah tinggi, lowongan kerja Indonesia pun banyak yang sedang mencari Software Developers. Bahkan banyak yang mau membayar lebih untuk dapat merekrut Software Developers. Berdasarkan Indonesia Salary Guide, gaji seorang Software Developers dapat menyentuh angka Rp. 35 juta.

5.Robotic Specialist

Dengan semakin berkembangnya teknologi, maka tidak heran jika melihat perkembangan robot-robot yang dapat membantu meringankan pekerjaan manusia. Kebanyakan robot-robot ini disebut AI atau Artificial Intellegent. AI adalah robot dengan kecerdasan buatan. Dewasa ini, banyak sekali alat-alat yang berbasis AI yang mana berdampak pada kebutuhan profesi Robotic Specialist untuk membangun, merawat, dan mengembangkan robot-robot itu agar dapat beroperasi dengan aman.

Prospek kerja sebagai Robotic Specialist juga lumayan menjamin, karena tidak cukup banyak orang yang mendalami bidang ini. Berdasarkan Bureau of Labor Statistics, demand untuk profesi ini juga mengalami peningkatan sebanyak 4% dari tahun 2018-2028. Apalagi, di Indonesia juga sudah mulai banyak perusahaan-perusahaan yang beralih ke robot dan AI, lowongan kerja Indonesia untuk Robotic Specialist juga pasti meningkat.

   For Further Information, Please Contact Us!