Articles

Read the articles about accounting,internal audit, tax, human resource,information and technology

Tampilan Website Sebagai Wajah Perusahaan

06 July 2015
Category: INFORMATION AND TECHNOLOGY
Penulis:         Dewi Lili Lestari, S.Kom.
Tampilan Website Sebagai Wajah Perusahaan

Ketika seseorang berada di dunia digital yang dapat memberikan banyak sekali opsi website untuk produk dan jasa yang sama, sebuah website dapat terlewat begitu saja dalam hitungan detik atau sebaliknya: website tersebut sukses mencuri perhatian, menimbulkan keingintahuan, memutuskan untuk bertransaksi, dan kembali lagi di lain waktu. Apa faktor yang ada di balik semua itu?

Pengunjung website secara tidak sadar akan menilai web tersebut dalam hitungan beberapa detik pertama. Jika pengunjung merasa bahwa website tersebut dapat dipercaya, memiliki konten yang bagus, ada sesuatu yang dicari, maka pengunjung akan bertahan dan memulai eksplorasi terhadap website tersebut. Oleh karena itu, perusahaan-perusahaan yang menawarkan jasa atau produknya di dunia maya perlu memperhatikan poin-poin berikut ini agar dapat menciptakan kesan perusahaan yang kredibel pada benak pengunjung websitenya.

    ·Tampilan

    Tampilan yang membosankan atau bahkan tampilan yang terlalu berlebihan dapat menimbulkan rasa tidak nyaman bagi pengunjung, bahkan sebelum mereka membaca atau melihat-lihat produk yang ditawarkan. Tampilan yang baik dan profesional menunjukkan keseriusan sebuah perusahaan dalam menawarkan dan mengelola produk yang dimilikinya.

    ·Kemudahan dalam memahami produk

    Penjualan secara fisik (melalui toko atau bertemu langsung) memiliki sisi yang tidak dapat dikalahkan oleh penjualan produk secara online yaitu pengunjung dapat melihat produk yang ditawarkan secara nyata dan adanya kesempatan bagi penjual untuk menjelaskan detil produk tersebut secara langsung. Adanya beberapa foto atau video yang dapat menjelaskan detil-detil yang biasa diperhatikan oleh pembeli di dunia nyata serta penjelasan yang padat berisi akan sangat membantu pengunjung untuk memahami produk yang ditawarkan.

    ·Kemudahan dalam pencarian produk

    Apa yang akan dilakukan oleh pengunjung website Anda jika mereka merasa barang yang mereka cari sulit ditemukan sedangkan masih banyak pilihan lain yang ditawarkan? Adanya fitur search, penggunaan tekanan pada judul, serta pengaturan konten dan navigasi yang baik dalam sebuah website memegang peranan penting untuk membantu pengunjung dalam melakukan pencarian apa yang diinginkannya secara cepat.

    ·Update berkala

    Website yang konstan dan tidak memiliki update akan menimbulkan pertanyaan bagi pengunjung. Apakah website ini masih aktif? Apakah produk yang ditawarkan saat ini masih sama? Mengapa tidak ada update dari website ini? Pertanyaan-pertanyaan lain secara perlahan akan mengurangi keinginan dari pengunjung untuk melakukan transaksi lebih lanjut.

    ·Rekomendasi produk yang sejenis

    Tidak ada salahnya memberikan opsi-opsi lain yang sejenis dengan apa yang dicari agar pengunjung merasa mereka memiliki pilihan dan dapat memilih yang terbaik dari pilihan-pilihan yang diberikan.

    ·Testimonial Klien

    Pengunjung selalu mencari tahu testimonial dari pemakai-pemakai sebelumnya. Bagaimana pengalaman mereka dalam memakai produk yang ditawarkan oleh website tersebut. Sederetan klien yang pernah ditangani oleh perusahaan tersebut lebih meyakinkan pengunjung berikutnya bahwa website tersebut dapat dipercaya. Hindari testimonial palsu karena hal tersebut hanya akan menghancurkan kepercayaan dari calon pembeli.

    ·Gambar

    Gambar yang baik dan orisinil dapat menjelaskan ribuan kata yang ingin disampaikan. Penggunaan gambar yang tepat lebih efektif dalam memberikan suatu pesan kepada pengunjung dibandingkan dengan sederetan kalimat yang ditulis dengan baik.

    ·Desain logo yang profesional

    Logo memainkan peran emosional dalam pikiran pengunjung. Logo adalah gambaran dari sebuah produk. Logo yang spesial dan eksklusif menangkap perhatian dan konsentrasi pengunjung, dalam hal ini pengunjung akan lebih tertarik dalam mengeksplorasi website.

    ·Halaman FAQ (Frequently Asked Question)

    Halaman FAQ sering kali terlupakan karena seolah-olah tidak mempengaruhi penjualan secara langsung. Halaman FAQ memang tidak akan menarik pengunjung untuk membeli produk yang ditawarkan. Namun bayangkan ketika pengunjung memiliki pertanyaan-pertanyaan seputar produk yang ditawarkan dan jawaban tersebut ada pada halaman FAQ. Aturan mengenai pengembalian uang dan barang tertulis jelas dalam FAQ. Ada rasa tenang yang ditimbulkan dan kepercayaan terhadap website tersebut akan meningkat.

    ·Multilingual

    Situs-situs multinasional sering memberikan fitur ini untuk menambah nilai website yang dimilikinya. Pengunjung di negara tersebut akan merasa diperhatikan dan yakin bahwa ada banyak pengguna produk tersebut di negaranya sehingga menimbulkan rasa aman bagi pengunjung tersebut.

    ·Identitas dan kontak

    Identitas yang jelas ditampilkan dan cara-cara yang ditawarkan agar dapat menghubungi pemilik bisnis tersebut dapat meyakinkan pengunjung sebelum bertransaksi lebih lanjut pengunjung akan merasa aman jika suatu saat harus menghubungi perusahaan karena sebab-sebab tertentu.

    ·Ejaan dan tata bahasa yang benar

    Tata Bahasa dan ejaan yang benar menunjukkan website tersebut dapat dipercaya terutama untuk perusahaan yang cenderung formal.

Poin-poin di atas bukanlah ukuran yang mutlak untuk menilai kredibilitas sebuah website perusahaan. Namun website perusahaan yang kredibel seharusnya berupaya untuk memenuhi poin-poin di atas. Perusahaan yang berani berinvestasi untuk menata websitenya dengan serius, tentu akan lebih mudah dalam mendapatkan kepercayaan dari konsumen.

   For Further Information, Please Contact Us!