Articles

Read the articles about accounting,internal audit, tax, human resource,information and technology.

MENINGKATKAN PRODUKTIVITAS KARYAWAN MELALUI PERAN HUMAN RESOURCE DEVELOPMENT (HRD)

01 November 2019
Category: HUMAN RESOURCE
Penulis:         Mega Madya Karlina Sari, S. Psi
MENINGKATKAN PRODUKTIVITAS KARYAWAN MELALUI PERAN HUMAN RESOURCE DEVELOPMENT (HRD)

Produktivitas kerja adalah sebuah hasil kerja dari seorang karyawan. Hasil kerja karyawan ini merupakan proses bekerja karyawan untuk menghasilkan sesuatu. Hasil tersebut dapat berupa produk/jasa dan laporan. Produktivitas karyawan sering mengalami ketidakstabilan dimana hal ini bisa saja terjadi karena kurangnya kontrol terhadap segala aktifitas kerja para karyawan. Permasalahan produktivitas kerja merupakan permasalahan yang cukup umum untuk sebuah perusahaan atau organisasi, salah satu contohnya mulai timbul ketidaknyamanan saat bekerja dan ketidakpuasan dalam bekerja. Adapun beberapa faktor yang dapat menurunkan produktivitas karyawan:

    ·Perlengkapan kerja tidak memadahi atau tidak sesuai dengan beban kerja;

    ·Sistematika atau alur kerja yang tidak terstruktur dengan jelas dan baik;

    ·Key person cenderung bermasalah;

    ·Tidak jelas/tidak adil nya sistem kompensasi dan tunjangan;

    ·Lingkungan kerja yang tidak nyaman dan memadai;

    ·Permasalahan personal yang tidak terselesaikan;

    ·Diberikan ekspektasi atau janji yang berlebihan ketika awal masuk kerja.

Sehubungan dengan faktor-faktor diatas, tentunya ini merupakan fenomena yang dapat menimbulkan kerugian dan dapat menghancurkan tujuan organisasi perusahaan, diantaranya adalah hilangnya tingkat kepuasan kerja karyawan, kelambanan kerja, kebosanan kerja penurunan efisiensi kerja, senioritas, kecemburuan sosial, penurunan semangat kerja dan penurunan produktivitas kerja.

Menurut beberapa ahli karyawan atau sumber daya manusia memiliki peran penting dalam sebuah perusahaan, hal ini di dukung oleh Tanaja dan Srimulyani (1995) bahwa manusia merupakan harta kekayaan yang terpenting dan mempunyai kontribusi paling besar bagi keberhasilan suatu organisasi.

Permasalahan-permasalahan ini menjadi peran penting bagi Human Resource Development (HRD) untuk meningkatkan kembali produktivitas karyawan. Tujuan dari HRD harus dapat meningkatkan produktivitas kinerja karyawan sehingga dapat memberikan kontribusi langsung ke tujuan organisasi. Ada beberapa hal yang dapat dilakukan oleh human resource development (HRD) dalam meningkatkan produktivitas karyawan antara lain:

    1.Melakukan persiapan dan seleksi tenaga kerja

    ·HRD dapat melakukan/ membuat perencanaan kebutuhan sumber daya manusia dengan melakukan forecast tentang divisi/departemen yang membutuhkan sumber daya manusia.

    ·Melakukan seleksi tenaga kerja untuk mendapatkan tenaga kerja yang tepat dari sekian banyak kandidat. Hal yang dapat dilakukan adalah membuat lowongan pekerjaan, menerima berkas lamaran, melakukan sortir/klasifikasi yang akan dipanggil/gagal memenuhi standard dan melakukan pemanggilan kandidat untuk melakukan interview serta tes tertulis.

    2.Pengembangan dan evaluasi karyawan

    Perlunya suatu pembekalan kepada tenaga kerja agar dapat lebih menguasai dan ahli dibidangnya serta lebih meningkatkan kinerja yang ada. Melakukan evaluasi terhadap kinerja karyawan guna mengetahui sejauh mana kompetensi yang dimiliki oleh tenaga kerja/karyawan.

    3.Memberikan kompensasi dan proteksi pada pegawai

    Kompensasi merupakan imbalan atas kontribusi kerja pegawai secara teratur dari organisasi atau perusahaan. Kompensasi dapat diberikan dengan mengacu pada kondisi pasar tenaga kerja yang ada pada lingkungan eksternal. Kompensasi yang tidak sesuai dapat menyebabkan masalah ketenagakerjaan. Proteksi juga perlu diberikan, terutama kepada tenaga kerja yang memiliki resiko cukup tinggi sehingga dapat bekerja dengan tenang dan maksimal.

    4.Penilaian Kerja

    Adanya penilaian kinerja terhadap karyawan dapat diketahui secara tepa tapa yang sedang dihadapi dan target apa yang harus dicapai. Penilaian kinerja karyawan dapat digunakan untuk menyusun rencana, strategi dan menentukan langkah-langkah yang perlu diambil. Manfaat lain dari penilaian kinerja dapat membantu pihak manajemen dalam mengambil keputusan seperti promosi dan pengembangan karier, mutasi, PHK, penyesuaian kompensasi, kebutuhan pelatihan dan mempertahankan ISO yang dimiliki perusahaan.

Pihak HRD dan manajemen dapat menerapkan hal-hal diatas agar dapat meningkatkan produktivitas karyawan dengan senantiasa memberikan kepuasan pada karyawan, memberikan motivasi sebagai umpan balik yang baik, sehingga karyawan merasa senang bekerja dan merasa memiliki pekerjaan sebagai upaya peningkatan produktivitas kerjanya.

***

   For Further Information, Please Contact Us!