Articles

Read the articles about accounting,internal audit, tax, human resource,information and technology

MENANGGULANGI PERMASALAHAN TINGGINYA TINGKAT TURNOVER KARYAWAN

07 September 2019
Category: HUMAN RESOURCE
Penulis:         Mega Madya Karlina Sari, S. Psi
MENANGGULANGI PERMASALAHAN TINGGINYA TINGKAT TURNOVER KARYAWAN

Aset terpenting dari perusahaan merupakan sumber daya manusia, perusahaan akan terus berkembang dengan baik apabila dapat mengelola sumber daya manusianya dengan baik pula. Adapun faktor yang mempengaruhi perkembangan sumber daya manusia didalam suatu organisasi dan didalam suatu organisasi lainnya akan memiliki faktor-faktor yang berbeda, namun ada faktor-faktor umum yang telah diprediksi melalui berbagai teori yang dipaparkan oleh para ahli manajemen sumber daya manusia berdasarkan pengalaman maupun penelitian. Faktor-faktor tersebut, yaitu :

  • Beban Pekerjaan yang Berat. Beban pekerjaan yang berat membuat karyawan lebih mudah untuk memutuskan mengundurkan diri dari perusahaan. Oleh sebab itu, perusahaan perlu membagi rata beban kerja karyawannya, agar produktivitas lebih meningkat tanpa menjadi beban untuk individunya maupun divisinya. Perusahaan juga dapat melakukan survei secara berkala terkait pendapat karyawan terhadap pekerjaannya.
  • Karyawan Mendapat Tawaran Gaji yang Lebih Tinggi. Rata-rata karyawan akan meninggalkan perusahaannya apabila mendapatkan tawaran diperusahaan lain dengan gaji yang lebih tinggi. Oleh sebab itu, jika banyak karyawan yang mengundurkan diri perusahaan perlu melakukan evaluasi terkait gaji yang diberikan. Bandingkan dengan kualitas dan pengalaman kerja yang dimiliki karyawan, kemudian dapat melakukan survei diperusahaan lain terkait berapa membayar gaji karyawannya. Hal tersebut dapat juga diatasi dengan memilik indikator penilaian kinerja yang tepat.
  • Karyawan Tidak Memiliki Kesempatan untuk Berkembang. Perusahaan perlu lebih memperhatikan terkait sesuatu yang berarti bagi karyawannya agar dapat berkembang, apabila perusahaan tidak dapat memenuhi hal tersebut bukan hal yang mustahil bagi karyawan untuk meninggalkan perusahaan. Salah satu point penting adalah meningkatkan kualitas diri hingga jenjang karir karyawan. Perusahaan dapat memfasilitasi dengan mengikuti kegiatan-kegiatan seminar atau pelatihan yang terkait dengan bidang pekerjaannya.

Tingginya tingkat turnover karyawan dapat memberikan dampak kerugian besar bagi sebuah perusahaan, terlebih jika karyawan tersebut merupakan karyawan yang memiliki kompetensi yang bagus serta memberi pengaruh baik bagi perusahaan. Hal pertama yang perlu dilakukan adalah menelisik sebab kenapa rasio turnover menjadi sangat tinggi. Ada beberapa faktor yang dapat mempengaruhi tingkat engagement atau tingkat motivasi karyawan, yang membuat karyawan merasa betah/tidak betah dalam pekerjaan ataupun perusahaannya. Beberapa cara dalam menanggulangi tingginya turn over karyawan adalah :

  • Kompensasi & Benefit yang Menarik. Perusahaan dapat menawarkan kompensasi dan benefit yang menarik seperti asuransi jiwa, bonus tahunan atau jam kerja yang fleksibel. Karyawan dengan generasi millenial banyak meninggalkan sebuah perusahaan karena membandingkan keuntungan dan penawaran dari perusahaan lain yang bisa diperoleh.
  • Memberikan Pelatihan pada Karyawan. Memberikan kesempatan bagi karyawan untuk menambah wawasan baru dan berbagi ilmu melalui kegiatan pelatihan, workshop, presentasi atau forum group discussion (FGD).
  • Kesempatan Pengembangan Karir Karyawan. Menginfokan kepada karyawan bahwa perusahaan memberi kesempatan bagi karyawan yang ingin mengembangkan karir melalui edukasi dan pelatihan. Perusahaan dapat mengembangkan karir dan kemampuan karyawan dengan memberikan challenge yang menantang namun diimbangi dengan pelatihan yang sesuai.
  • Menciptakan Lingkungan Kerja yang Menyenangkan. Pentingnya bagi perusahaan untuk menciptakan lingkungan kerja yang menyenangkan dan meminimalisir suasana kerja yang kaku, dengan menciptakan suasana yang menyenangkan dapat memberi rasa nyaman dan semangat bagi karyawan. Lingkungan kerja dengan suasana yang kaku atau terlalu sepi dapat menimbulkan rasa bosan dan menurunkan semangat kerja.

   For Further Information, Please Contact Us!