Articles

Read the articles about accounting,internal audit, tax, human resource,information and technology.

WHY INTERPERSONAL COMMUNICATION SO IMPORTANT?

02 September 2019
Category: SECRETARY
Penulis:         Stephanie Octavia, S.E.
WHY INTERPERSONAL COMMUNICATION SO IMPORTANT?

Sebagai makhluk sosial yang memerlukan interaksi dengan pihak lain, sebagian besar pribadi manusia terbentuk dari hasil integrasi sosial dengan sesama dalam kelompok dan masyarakat. Begitu hal nya di lingkungan pekerjaan, tentu diperlukan komunikasi dua arah antara pimpinan dan bawahan secara efektif yang seraca tidak langsung untuk mendukung pencapaian visi dan misi perusahaan, serta pencapaian tujuan perusahaan secara efektif.

Komunikasi atasan bawahan dapat disebut pula sebagai komunikasi interpersonal. Komunikasi interpersonal adalah transaksi antara individu dengan lingkungan sekitarnya, yang meliputi orang lain seperti teman, keluarga, anak, rekan kerja, dan bahkan orang asing. Dalam lingkup organisasi, komunikasi interpersonal menentukan keberhasilan sebuah organisasi. Proses komunikasi yang terjadi di dalam organisasi khususnya yang menyangkut komunikasi antara pimpinan dan karyawan merupakan faktor penting dalam menciptakan suatu organisasi yang efektif. Komunikasi efektif tergantung dari hubungan atasan bawahan yang memuaskan yang dibangun berdasarkan iklim dan kepercayaan atau suasana organisasi yang positif. Agar hubungan ini berhasil, harus ada kepercayaan dan keterbukaan antara atasan dan bawahan. Keterbukan dan kepercayaan ini terbentuk dari proses komunikasi interpersonal yang efektif.

Termasuk saat bekerja, komunikasi antara atasan dan bawahan mutlak diperlukan untuk dapat menciptakan suasana kerja yang nyaman dan menyenangkan. Tak hanya menjalin pertautan secara emosional, komunikasi yang efektif juga bisa menjadi salah satu solusi efektif demi terciptanya tujuan perusahaan.Beberapa alasan mengapa komunikasi sangat diperlukan dalam pekerjaan yang harus dilakukan oleh atasan dan bawahannya:

Pertama; Komunikasi untuk menciptakan suasana kerja yang menyenangkan dan menghilangkan ketegangan antara atasan dan bawahan. Bila komunikasi yang terjalin cukup efektif tentu saja akan memberikan suasana dan lingkungan kerja yang kondusif dan menyenangkan. Meski masih harus menghormati kedudukan masing-masing, ketegangan bawahan terhadap atasan sudah pasti akan mencair. Suasana kerja yang hangat dan bersahabat akan meningkatkan produktivitas dengan semangat kerja bagi seluruh pegawainya.

Kedua; Dengan komunikasi yang baik maka akan meminimalisir persepsi dan interpretasi yang salah, karena berkomunikasi sudah dijadikan kebiasaan, maka persepsi dan interpretasi yang salah kaprah antara bos dan bawahannya dapat terhapus dengan sendirinya, tidak ada lagi prasangka dan dugaan-dugaan negatif seorang bos kepada bawahan, atau dari pegawai kepada atasannya.

Ketiga; Dengan komukasi yang baik maka kinerja menjadi terarah, terencana, dan sesuai dengan target perusahaan. Meski tak formal sekalipun, komunikasi yang efektif antara atasan dan pegawai biasanya akan membahas juga masalah-masalah pekerjaan. Karena dibicarakan secara berkala, maka kinerja para pegawai sudah pasti akan terencana, terarah, dan sesuai dengan target perusahaan. Secara tidak langsung saat Anda menjadikan komunikasi sebagai bagian penting, maka kekuatan besar untuk melakukan pekerjaan lebih baik akan timbul.

Keempat; Hubungan yang baik dengan komunikasi yang berjalan efektif, maka akan sering muncul beberapa Ide-ide baru, karena pada dasarnya dengan isi kepala dan pikiran setiap pegawai berbeda-beda, maka akan selalu adahal-hal tak terduga yang dapat dilakukan ataupun dibicarakan untuk mengembangkan banyak potensi demi kemajuan perusahaan.

Kelima; Atasan dan bawahan yang sering berkomunikasi secara intens maka akan mampu mencapai tujuan perusahaan secara efektif, efisien, dan maksimal secara bersama. Dan pada akhirnya, komunikasi yang sudah terjalin baik antara atasan dan bawahan tentu saja akan menemukan muara titik terang; terciptanya kebersamaan tujuan perusahaan.

Hubungan komunikasi atasanbawahan yang efektif dapat menciptakan suatu kondisi yang menyenangkan dalam organisasi, hal ini tentu berpengaruh terhadap kepercayaan dan kepuasan kerja karyawan yang pada akhirnya ikut menentukan kinerja karyawan dan motivasi karyawan. Tujuan perusahaan yang sudah dicapai tentu saja tak akan berhasil tanpa adanya kerja sama dari berbagai pihak, termasuk komunikasi yang efektif antara bos dan bawahannya.

   For Further Information, Please Contact Us!