Articles

Read the articles about accounting,internal audit, tax, human resource,information and technology

THE PURSUIT OF TALENT: SIX HR TOOLS AND TECHNOLOGIES EVERY BUSINESS NEEDS

06 August 2019
Category: HUMAN RESOURCE
Penulis:         Qanita Hasinah, S. Psi
THE PURSUIT OF TALENT: SIX HR TOOLS AND TECHNOLOGIES EVERY BUSINESS NEEDS

Dalam lingkungan di mana teknologi hampir mendominasi pada semua operasi bisnis, mencari metode baru yang dapat meningkatkan praktik yang ada dan mengikuti permintaan pasar bukanlah sesuatu yang harus diterima begitu saja. Ada banyak teknologi praktis di luar sana yang dapat membuat operasi sehari-hari lebih mudah, lebih cepat, dan lebih hemat biaya. Seperti sumber daya manusia dan alat manajemen bakat khususnya, teknologinya sangat luas. Mulai dari talent sourching, pelacakan dan pengambilan keputusan, hingga keterlibatan karyawan, retensi dan penggajian, berbagai teknologi canggih menyediakan perusahaan dengan berbagai ukuran dan membantu mereka mencapai lebih banyak data dengan menggunakan metode lebih sederhana.

Memang benar bahwa karyawan adalah salah satu aset paling berharga di setiap perusahaan. Karena itu, menemukan dan mempertahankan talenta terbaik sangat penting untuk keberhasilan bisnis dan merupakan sesuatu yang harus terus ditingkatkan dan disesuaikan berdasarkan perubahan teknologi dan tren dari perkembangan era. Berikut adalah daftar dari lima alat dan teknologi SDM teratas yang akan mendukung setiap bisnis dalam pengejaran dan mempertahankan talenta hebat mereka.

    1.CV Search Tools

    Dengan menggunakan headhunter atau melihat langsung Curiculum Vitae tidak cukup untuk menemukan jenis orang yang paham teknologi, mobile, dan mengglobal yang saat ini ada, sehingga, kurang efektif dalam memenuhi kebutuhan perekrutan yang tepat saat ini. Hanya dengan mengakses database online yang digabungkan dan menggunakan banyak filter untuk menargetkan lokasi tertentu, jabatan, gaji yang diinginkan dan tingkat keterampilan, perekrut dan pemilik bisnis dapat mencari dan menemukan kandidat terbaik. Sudah mulai banyak alat pencarian bakat paling canggih dan dapat disesuaikan yang mampu memberdayakan bisnis dengan berbagai alat filter yang ditingkatkan dan kriteria pencarian terkontrol. Sebagai fakta, mencari sumber daya manusia pada posisi manajer saat ini dapat menggunakan banyak alat penyaringan pintar. CV Search Tools menciptakan penyaringan otomatis dan mudah, yang membantu merekrut manajer dan pemilik bisnis untuk meluangkan waktu mereka yang berharga untuk melihat CV dari pelamar yang paling relevan, dan menghindari berurusan dengan yang tidak relevan.

    2.Dedicated Company Page

    Internet telah menjadi tujuan utama bagi jutaan pencari kerja hampir diseluruh penjuru dunia. Ini adalah alat yang dapat diakses secara luas dan mudah digunakan untuk mempromosikan diri dan peningkatan karir. Berdasarkan Survei dari Bayt.com (Top Industries di Timur Tengah dan Afrika Utara Survey) Arab World Online 2014 menunjukkan bahwa mayoritas (78%) profesional di Arab menghabiskan lebih dari dua jam di internet setiap hari. Ini berarti bahwa internet adalah pusat yang sangat populer tidak hanya untuk menemukan dan mendapatkan talent source, tetapi juga untuk membangun merek perusahaan yang lebih kuat dan lebih menguntungkan. Perekrutan online tentu merupakan alat yang bermanfaat, tetapi hanya dapat mencapai potensi penuhnya jika waktu dan upaya didedikasikan untuk membangun merek perusahaan yang kuat. Sekitar 80% pekerja profesional memeriksa profil online perusahaan sebelum melamar pekerjaan. Memiliki profil perusahaan online adalah cara terbaik untuk menunjukkan apa itu merek, termasuk nilai-nilai, misi, budaya perusahaan, pembaruan, dan lowongan pekerjaan. Para pencari kerja kemudian dapat mengikuti merek itu, terhubung dengannya, dan tetap mendapatkan informasi terbaru tentang pekerjaan terbaru.

    3.Salary Comparison Tools

    Apakah bisnis baru saja dimulai, membuka kantor baru di kota lain, atau sekadar mengembangkan tim, penting untuk tetap mengikuti tren gaji di industri dari negara masing-masing. Teknologi saat ini memungkinkan pencari kerja untuk secara rahasia mengirimkan gaji mereka dan meninjau gaji rata-rata untuk posisi yang dituju. Demikian juga, pengusaha mendapat manfaat dari alat-alat gaji dengan menyerahkan skala gaji mereka sendiri dan membandingkannya dengan rata-rata di industri lainnya. Memiliki pengetahuan tentang data gaji adalah cara terbaik untuk memposisikan perusahaan untuk sukses dengan menawarkan paket gaji yang kompetitif kepada pelamar pekerjaan. Beberapa teknologi seperti Bayt.com dengan mudah menganalisis dan membandingkan gaji, posisi atau seluruh struktur pembayaran terhadap pasar menggunakan laporan data real-time dan rinci.

    4.Collaboration Tools

    Kolaborasi adalah detak jantung setiap organisasi, terutama untuk merekrut keputusan yang berdampak pada hampir setiap tim di perusahaan. Teknologi seluler yang terus tumbuh telah sangat mengubah cara orang bekerja, berinteraksi, dan berkolaborasi satu sama lain. Cara-cara paling inovatif untuk menyatukan ide-ide dan orang-orang dan dengan cepat membuat keputusan. Memang, penting untuk meluangkan waktu dan meninjau sebanyak mungkin alat kolaborasi untuk memilih satu yang akan membuat tim SDM, serta tim lain, bekerja lebih cepat dan lebih baik.

    5.Online Virtual Events

    Sebuah acara, seperti Job Fair, diskusi panel, dan lokakarya seringkali penting untuk jenis bisnis tertentu. Namun, sebagian besar waktu, menyelenggarakan acara-acara seperti itu secara fisik mewakili pengalaman yang eksklusif, seringkali mahal, hanya menangani sejumlah kecil orang. Selain itu, acara-acara semacam itu cenderung memakan waktu dan menuntut dalam hal tenaga kerja dan sumber daya. Namun hari ini, teknologi telah unggul sekali lagi dan membuatnya mudah untuk beralih ke ruang virtual untuk menjadi tuan rumah acara profesional dan menjangkau peserta secara global. Acara virtual sedang dilakukan secara real time dan dari kenyamanan kantor, atau kantor rumah. Ada beberapa teknologi yang telah melakukan Virtual Fairs, adalah alat luar biasa yang membantu dalam meningkatkan keterlibatan dengan para peserta namun tanpa membutuhkan banyak anggaran. Pameran pekerjaan, pameran dagang, konferensi pendidikan, dan hampir semua acara lainnya kini dapat disederhanakan dan dilakukan secara virtual.

   For Further Information, Please Contact Us!