Articles

Read the articles about accounting,internal audit, tax, human resource,information and technology.

MENGASAH INTRAPERSONAL SKILL BAGI SEKRETARIS

15 June 2019
Category: SECRETARY
Penulis:         Ayun Dwi Oktora
MENGASAH INTRAPERSONAL SKILL BAGI SEKRETARIS

Dalam bekerja sehari-hari, boleh saja kita membuat to do list pekerjaan apa saja yang harus kita kerjakan sesuai deadline yang sudah ditentukan. Tetapi ingat, sebagai seorang Sekretaris perlu disadari bahwa kita juga harus memahami fleksibilitas dalam pekerjaan kita. Kadang ada pekerjaan yang kita tidak sukai, tapi mau tidak mau kita harus menghadapi berbagai persoalan dan kita sendiri pula yang harus menyelesaikan persoalan tersebut. Hal ini akan menimbulkan gejolak dalam diri kita untuk memulai pekerjaan yang tidak kita sukai. Ketrampilan intrapersonal, merupakan soft skill yang sangat dibutuhkan bagi seorang Sekretaris.

Keterampilan intrapersonal merupakan sebuah proses pertukaran dan transformasi pesan yang sangat unik karena dilakukan dari, untuk, dan oleh diri sendiri. Lalu bagaimana kita dapat mengasah ketrampilan intrapersonal ini? berikut yang dibutuhkan:

    1.Mengikuti perkembangan zaman

    Rajin membaca buku sesuai bidang yang ditekuni dan mengikuti perkembangan berita di TV, Koran, Media Online, dsb itu akan membuat kita menjadi pribadi yang siap menghadapi masa depan. Karena itu akan membuka wawasan kita tentang informasi-informasi yang sedang berkembang saat ini. Sebagai Sekretaris kita harus open minded terhadap informasi untuk membaca peluang dan selalu belajar lebih baik. Tidak hanya yang berhubungan dengan dunia kerja saja, tetapi juga diluar dunia kerja Sekretaris.

    2.Sebagai pendengar yang sabar

    Sekretaris dapat dikatakan sebagai pendengar yang baik, karena seorang Sekretaris selalu mendengarkan instruksi dan keluhan dari Pimpinan dan harus menyikapinya dengan sabar dan bijaksana. Sehingga harus dapat mengontrol emosional dalam menghadapinya dan terbiasa untuk dapat memahami maksud orang lain berbicara.

    3.Pintar mengatur waktu

    Disiplin, tepat waktu dalam bekerja dan selalu menepati janji. Jangan sampai sebagai Sekretaris justru kita yang sering diingatkan. Hal ini akan membuat Pimpinan kita ‘ilfil’ terhadap kita. Dan Pimpinan tidak perlu terus-menerus menuntun dan membimbing kita.

    4.Berpenampilan sopan

    Sekretaris yang bekerja dalam sebuah Perusahaan atau Organisasi, yang diperlukan adalah menjaga penampilan diri. Hal ini agar dapat diterima di lingkungan budaya Perusahaan tersebut. Berpakaian yang sopan, pantas dan tidak menggunakan aksesoris yang berlebihan sehingga inner beauty terpancar secara mempesona. Termasuk juga bagaimana dalam memadupadankan warna berpakaian yang kita pakai agar terlihat terhormat.

    5.Menjaga kebersihan diri

    Personal hygienic adalah modal utama bagi siapapun, menjaga kebersihan diri mulai ujung rambut sampai ujung kaki. Terbiasa merawat badan dengan rutin berolah raga dan menjaga pola makan sebagai modal jiwa yang kuat dan sehat.

Itulah yang dibutuhkan Sekretaris untuk dapat mengasah ketrampilan intrapersonal, yang merupakan soft skill yang sangat dibutuhkan bagi seorang Sekretaris. Sekretaris harus mampu berpikir untuk mengidentifikasi sebab dan akibat setiap kali menghadapi masalah dan dapat segera mencari solusinya dengan tepat. Sehingga Pimpinan cukup mendelegasikan setiap penugasan kepada Sekretaris dan Sekretaris mampu menyelesaikannya dengan benar.

***

   For Further Information, Please Contact Us!