Articles

Read the articles about accounting,internal audit, tax, human resource,information and technology.

AUDIT TEKNOLOGI BERDASARKAN REVOLUSI INDUSTRY 4.0 PADA PEMERINTAHAN

24 May 2019
Category: INTERNAL AUDIT
Penulis:         Maulia Paramita, S.E., M.S.A
AUDIT TEKNOLOGI BERDASARKAN REVOLUSI INDUSTRY 4.0 PADA PEMERINTAHAN

Arus globalisasi sudah masuk ke Indonesia yang disertai dengan perkembangan teknologi yang semakin canggih. Indonesia kini telah memasukki era revolusi 4.0 yang menekankan pada pola digital economy, artificial intelligence, big data, robotic, atau dikenal dengan fonomena disruptive innovation. Menghadapi tantangan tersebut Pemerintah akan menggelar audit teknologi yang berguna untuk meningkatkan daya persaingan bangsa. Di era persaingan saat ini, seorang akuntan dan auditor harus memiliki strategi. Strategi tersebut diantaranya penguasaan soft skill baik interpersonal skills mampu intra-personal skills, integritas, kompetensi, networking dan sertifikasi. Seorang akuntan dan auditor tidak hanya wajib memenuhi syarat minimal kompetensi sebagai akuntan namun juga harus mampu beradaptasi dengan cepat dan selalu meng-update kompetensi yang dimiliki mengikuti perkembangan yang terjadi saat ini. Para auditor dapat menghadapi tantangan disruptif teknologi dengan baik sehingga nantinya dapat mengefisiensikan birokrasi yang ada di Pemerintahan Indonesia. Semua pihak tentang peran dan urgensi audit teknologi untuk kemajuan Iptek Nasional, khususnya bidang infrastruktur dan pertahanan untuk mewujudkan kemandirian bangsa.

Audit Teknologi tidak untuk mencari kesalahan, namun suatu upaya untuk melakukan perbaikan yang dilakukan melalui proses sistematis dengan mendapatkan bukti secara obyektif terhadap aset teknologi berupa tindakan, pemilihan, penerapan, analisis dan evaluasi dengan tujuan untuk menetapkan tingkat kesesuaian antara teknologi dengan kriteria atau standar yang telah ditetapkan. Ruang lingkup audit teknologi mencakup 4 unsur yaitu.

    1.Technoware yaitu yang melekat pada peralatan fisik.

    2.Humanware yang merujuk pada teknologi yang biasanya melekat pada orang seperti contoh pengetahuan, keahlian , kebijakan, kreativitas, dan pengalaman.

    3.Infoware, yaitu teknologi yang melekat pada software atau dokumen yang terdiri dari proses, teknik, metoda, teori

    4.Organware, yaitu teknologi yang melekat pada institusi yang terdiri dari praktek managemen, hubungan, dan susunan organisasi.

Audit teknologi mempunyai peranan yang sangat penting dalam mendorong inovasi teknologi nasional yang berguna untuk meningkatkan efektivitas mengalihkan teknologi untuk membangun kemampuan teknologi nasional dan meningkatkan daya persaingan, selain itu audit teknologi juga berperan untuk melindungi keamanan nasional serta perlindungan bagi masyarakat di era revolusi industry 4.0. Untuk mengatasinya Pemerintah telah membuat peraturan Presiden (Perpres) tentang audit teknologi melalui perpres ini nanti akan dibentuk forum nasional yang mengarahkan kepada kebijakan teknologi. Adapun fungsi audit teknologi adalah untuk mendeteksi kekuatan dan kelemahan teknologi yang dimiliki suatu lembaga. Kemudian untuk mengukur kinerja teknologi, meningkatkan produktifitas, peningkatan efektivitas dan efisiensi lalu kesesuaian dengan standar dan rencana. Untuk menyatakan bahwa sistem itu aman atau handal maka individu orang dalam melakukan prosesnya juga harus dilakukan audit. Teknologi proses orang merupakan bagian dari keseluruhan dari sistem auditing. Kebanyakan audit dilakukan di akhir tetapi dengan adanya audit teknologi ini audit bukan di akhir sebuah project tetapi harus ada perencanaan audit sejak awal program pembangunan.

Audit di instansi pemerintah, memelurkan perhatian khusus, karena karakteristik manajemen sektor publik berkaitan erat dengan kebijakan dan pertimbangan politik serta ketentuan perudang-undangan. Peranan audit teknologi saat ini sangat dibutuhkan di era revolusi industry 4.0 karena pemanfaatan teknologi bakal sering merebak dan audit disini sebagai mekanisme kontrol dan peraturan yang dibutuhkan. Uregensi audit teknologi pada dasarnya merupakan instrumen yang digunakan pemerintah dalam menjalankan tangung jawabnya untuk peningkatan daya persaingan. Audit teknologi, akan berdampak signifikan jika dapat dilaksanakan secara lintas sektor baik dipusat maupun daerah namun tetap terintegrasi melalui forum.

   For Further Information, Please Contact Us!