Articles

Read the articles about accounting,internal audit, tax, human resource,information and technology

Mengatur Sistem Keuangan Pada Perusahaan

15 March 2019
Category: MANAGEMENT SYSTEM
Penulis:         Vincent Yofieanto, S.Ak.
Mengatur Sistem Keuangan Pada Perusahaan

Salah satu cara agar suatu usaha dapat terus berkembang dan maju adalah dengan memperhatikan sistem keuangan. Maksud dari memperhatikan sistem keuangan adalah dengan mengatur sistem keuangan. Mengatur keuangan dalam berbisnis sangatlah penting untuk mengetahui keuntungan dan kerugian yang didapat dalam menjalankan sebuah usaha. Manajemen keuangan bukan hanya sekedar bagaimana mengatur uang kas tersebut, tetapi juga termasuk bagaimana cara dalam mengelola kekayaan untuk menghasilkan keuntungan dan memanfaatkan sumber modal untuk membiayai usaha.

Mengapa mengatur sistem keuangan perusahaan begitu penting? Sistem keuangan perusahaan merupakan salah satu penopang perusahaan agar suatu perusahaan tersebut dapat terus berdiri dalam jangka waktu yang lama. Terdapat beberapa kesalahan yang dapat dihindari agar sistem keuangan perusahaan tidak hancur:

    1.Kesalahan pencatatan dan rekonsiliasi laporanKesalahan ini adalah kesalahan yang umum dibuat di banyak perusahaan karena perusahaan tidak melakukan pencatatan secara rutin dan menganggap remeh rekonsiliasi laporan keuangan. Kesalahan macam ini menyebabkan pencatatan laporan keuangan tidak berdasarkan kondisi perusahaan teraktual.

    2.Tidak melihat laporan keuangan sebagai alat perusahaanLaporan keuangan juga biasa dianggap remeh oleh perusahaan karena anggapan umum laporan keuangan hanya sekedar untuk melihat saldo uang perusahaan atau untuk kepentingan perpajakan. Tetapi fungsi dari laporan keuangan sebenarnya dapat digunakan untuk melakukan analisa dan melakukan pertimbangan tertentu untuk keputusan strategis perusahaan

    3.Tidak menyimpan kwitansi dan notakwitansi dan nota yang tidak disimpan dapat merugikan perusahaan karena kwitansi dan nota hasil transaksi merupakan bukti valid apabila terjadi perbedaan angka saat pemeriksaan laporan keuangan. Selain itu pada saat proses perpajakkan dan audit kwitansi dan nota akan sangat berguna untuk memperlancar prosesnya.

    4.Mencampuradukkan akun pribadi dan akun perusahaanmencampuradukkan akun pribadi dan akun perusahaan sangat berisiko karena ada risiko pemilik menggunakan dana milik perusahaan. Selain itu penggunaan dana perusahaan juga berdampak pada pengembangan bisnis perusahaan, terutama dana yang seharusnya untuk investasi tapi dialihkan untuk kepentingan lain.

    Oleh sebab itu agar perusahaan tetap dapat berjalan dengan baik, diperlukan adanya sebuah sistem keuangan yang baik pula. Beberapa cara untuk membuat suatu sistem keuangan dengan baik adalah dengan melakukan hal sebagai berikut:

    1.Merencanakan Penggunaan Uangketika memiliki modal yang berlebih, sebaiknya tetap merencanakan sistem keuangan yang sebaik mungkin. Sebaiknya saldo kas yang berlebih tidak dihambur-hamburkan secara berlebih. Merencanakan penggunaan uang juga diperlukan financial planner agar uang tersebut dapat dimaksimalkan penggunaannya.

    2.Membuat Buku Catatan Keuangansuatu bisnis tidak hanya dapat dikelola berdasarkan ingatan saja, melainkan harus degnan catatan-catatan yang lengkap dan rapi. Paling tidak sebuah perusahaan mempunyai buku kas untuk mencatat tentang keluar masuknya uang. Tujuan dari memiliki buku kas ini adalah mengontrol dan memastikan tidak ada uang yang terselip. Selain buku kas, sebaiknya sebuah perusahaan harus memiliki catatan perihal hutang-piutang, persediaan dan aset-aset yang dimiliki.

    3.Menghitung Keuntungan dengan Benarmenghitung keuntungan juga sama pentingnya dengan mendapatkan keuntungan tersebut. Menghitung keuntunga yang dimaksud adalah memperhitungkan biaya-biaya. Mengapa biaya yang harus diperhitungkan disini? Hal ini dikarenakan komponen dari biaya sendiri cukup banyak dan terkadang tidak terpikirkan oleh perusahaan yang masih dalam tahap berkembang. Salah satu contohnya adalah amortisasi dan pencadangan biaya untuk dapat dikeluarkan di masa mendatang, seperti pajak dan bunga pinjaman pada lembaga keuangan.

    4.Memutar Arus Kas Lebih Cepat dan Mengawasi Harta, Hutang dan ModalMemutar Arus Kas menjadi lebih cepat adalah untuk melindungi keuangan perusahaan. Apabila perusahaan terlalu banyak piutang atau persediaan maka tentu saja sumber penerimaan kas juga semakin sedikit. Sebisa mungkin menghindari penjualan yang dilakukan secara kredit dengan tempo waktu yang lebih lama daripada waktu kulakannya sehingga dapat mempercepat putaran arus kas. Selain itu memperbaiki sistem persediaan barang juga menjadi salah satu solusi untuk memutar arus kas. Persediaan yang terlalu banyak dapat menjadi masalah bagi perusahaan karena persediaan tersebut tidak dapat dijadikan sebagai pendapatan.

    Dalam menjalankan usaha keuangan merupakan penopang bagi perusahaan. Sistem keuangan yang buruk juga dapat memperburuk kondisi perusahaan. Oleh sebab itu menjaga sistem keuangan perusahaan juga dapat membantu perusahaan untuk dapat going concern. Perusahaan yang ingin berkembang untuk lebih maju sangat perlu untuk memperbaiki sistem keuangan sehingga dapat menyesuaikan dengan keperluan perusahaan yang paling terbaru. Dengan demikian, dengan sistem keuangan perusahaan yang sudah terkontrol secara rapi dan baik maka kemungkinan terjadinya kecurangan-kecurangan juga semakin kecil.

   For Further Information, Please Contact Us!