Articles

Read the articles about accounting,internal audit, tax, human resource,information and technology

PERSIAPAN HUMAN RESOURCE DEPARTMENT DALAM MENGHADAPI VUCA WORLD

09 March 2019
Category: HUMAN RESOURCE
Penulis:         Mega Madya Karlina Sari, S. Psi
PERSIAPAN HUMAN RESOURCE DEPARTMENT DALAM MENGHADAPI VUCA WORLD

Perubahan terus terjadi di segala bidang dan tentunya mempengaruhi dunia bisinis terkini. Berkaitan dengan perubahan, salah satu tantangan yang harus dihadapi adalah VUCA World. Volatility, Uncertainty, Complexity dan Ambiguity (VUCA) adalah gambaran situasi dunia bisnis saat ini.

Volatility yaitu perubahan yang sangat cepat, Uncertainty yaitu kesulitan untuk memprediksi kejadian atau peristiwa yang akan terjadi dimasa depan, Complexity menjelaskan bauran antara isu dengan kekacauanyang terjadi di organisasi semakin beraneka ragam, sementara Ambiguity adalah hilangnya antara realitas dengan makna-makna bauran dari berbagi kondisi yang ada. VUCA World dapat mempengaruhi dunia bisnis dan dapat mempengaruhi pada bidang sumber daya manusia, bahkan pengaruhnya bisa dikatakan signifikan.

Sebagai parktisi SDM dan pemimpin perusahaan, sangat penting bagi mereka untuk memahami suatu tren baru yang diciptakan oleh VUCA World. Di Era sebelumnya, seseorang/kandidat yang mencari perusahaan, akan tetapi pada era saat ini perusahaan yang mencari kandidat. Awalnya mesin, modal dan kondisi geografi menjadi sebuah keunggulan perusahaan, sedangkan talent yang dulunya hanya berperan kecil terhadap keberhasilan bisnis, saat ini menjadi penentu perubahan. Demikian pula dengan lowongan kerja, dulu lowongan kerja sangat langka. Namun sekarang banyaknya lowongan kerja tetapi justru minimnya talent yang berkualitas. Sulitnya mendapatkan talent juga bersamaan dengan bergesernya loyalitas karyawan. Pada masa dahulu, karyawan ingin berkarya secara long-term. Kini keinginan orang lebih bersifat short-term. Umumnya mereka tidak begitu loyal dengan perusahaan tetapi lebih kepada profesi.

Menghadapi situasi yang penuh ketidakpastian, dibutuhkan kesiapan khusus untuk bisa bertahan dalam kompetisi. Hal yang perlu dipersiapkan praktisi HR adalah pemimpin yang dapat membaca tren masa depan dan mampu menyesuaikan diri dengan situasi. Selain itu menurut Bob Johansen, dalam bukunyaLeaders Make The Future: Ten Ne Leadership Skills for Uncertain World (San Fransisco, 2009) mengingatkan gejolak VUCA perlu dilawan dengan VUCA.

VUCA kedua ini singkatan dari Vision, Understanding, Clarity, dan Agility. Praktisi HR perlu memiliki keempat hal tersebut untuk menghadapi VUCA. Vision adalah sesuatu yang hendak kita wujudkan dimasa yang akan datang. Understanding, pemahaman akan perubahan dan hal-hal yang perlu disiapkan serta dipahami dengan baik dan benar. Clarity, kemapuan seseorang melihat masa depan dengan jelas dan yakin yang tidak dilihat oleh lainnya. Agility, kelincahan menghadapi perubahan, menghadapi tuntutan konsumen, perkembangan baru yang tiba-tiba muncul.

Orang-orang yang memiliki kapasitas yang ini, akan dapat merespons situasi VUCA dengan jauh lebih baik. Setidaknya, mereka telah memiliki keberanian untuk mengambil risiko dengan kesadaran penuh bahwa mereka mungkin akan gagal tetapi tetap mendorong orang lain untuk melakukannya juga. Karena tidak mengherankan ketika para pimpinan baru menyadari kompleksitas VUCA, memberikan respon dengan terlambat, maka menjadi korban kekalahan adalah keniscayaan.

   For Further Information, Please Contact Us!