Articles

Read the articles about accounting,internal audit, tax, human resource,information and technology

TIPS: Leading By Example

02 March 2019
Category: SECRETARY
Penulis:         Brigita Ageng C., A.Md.
TIPS: Leading By Example

Seorang pemimpin yang baik membutuhkan kekuatan karakter dan komitmen yang kuat untuk melakukan hal yang tepat, pada waktu yang tepat, untuk alasan yang tepat. Pemimpin yang tegas, berani, jujur, cermat, terampil, kreatif, mandiri dan serta mempunyai tanggung jawab yang sangat besar untuk mengatur bawahanya. Selain itu, pemimpin yang sukses harus mampu menginspirasi serta mendorong kemajuan anggota timnya. Untuk bisa melakukan hal tersebut, Anda harus membiasakan untuk memimpin disertai dengan contoh (leading by example).

Ketika memimpin dengan contoh, kita akan menciptakan inspirasi dari tim dan mereka berkata, "Nah, jika pemimpin saya bisa melakukannya, saya pasti juga bisa melakukannya.". Coba kita renungkan, apabila pemimpin kita mengatakan, “jangan datang terlambat ke kantor”, namun pimpinan melakukan yang sebaliknya? Ketika memimpin dengan contoh, maka kemungkinan orang lain untuk mengikuti kita menjadi lebih mudah. Pemimpin yang baik mendorong anggota nya untuk maju dengan kegembiraan, inspirasi, kepercayaan dan visi. Jika kita memimpin anggota tim yang tidak percaya dengan kita, maka secara langsung antusiasme dan produktivitas mereka akan menurun.

Lalu, tips apa saja yang bisa dilakukan agar kita bisa menerapkan Leading by example:

1. Menetapkan standar yang tinggi

Seorang pemimpin harus mampu menetapkan target dan standar yang tinggi pada setiap aspek pekerjaan. Cara terbaik untuk membangun standar yang tinggi adalah dengan memberikan contoh perilaku yang kita lakukan sendiri. Ketika tindakan kita memiliki potensi untuk mempengaruhi semua orang di sekitar, sebaiknya kita tidak mencontohkan hal-hal kecil saja, tetapi juga melakukan tindakan yang besar. Menunjukkan standar yang tinggi sangat penting untuk melatih kepemimpinan yang efektif.

2. Berikan hasil yang nyata

Kepemimpinan yang efektif membutuhkan keahlian untuk dapat memberikan hasil yang nyata. Keahlian dalam berbicara saja tidak cukup untuk mencapai target yang tinggi. Daripada membanggakan pencapaian dari masa lalu, fokuslah pada target nyata yang dapat dicapai dalam waktu yang dapat diukur. Pemimpin harus memiliki kemampuan dalam memecahkan masalah yang besar menjadi hal-hal yang lebih kecil untuk dapat diselesaikan secara bertahap. Jika diperlukan, libatkan tenaga ahli yang berkompeten untuk dapat menyelesaikan pekerjaan dengan tepat waktu.

3. Hargai setiap individu dan bangun hubungan

Keterampilan berinteraksi dengan orang adalah yang terpenting dalam kepemimpinan. Kembangkan keterampilan mendengarkan, berkomunikasi dan pengambilan keputusan, serta tunjukan integritas dengan bersikap terbuka, jujur dan adil. Bersikap transparan tidak akan merugikan siapapun. Jika Anda memperlakukan orang dengan baik, sebagian besar dari mereka akan terdorong untuk membalas budi. Dengan menekankan pentingnya kualitas hubungan dengan orang, kita telah meningkatkan kemampuan kita berinteraksi dengan orang lain dengan lebih menarik dan bermakna.

4. Bangun kerjasama yang berkelanjutan

Kerjasama yang baik merupakan komponen yang sangat diperlukan dalam kepemimpinan, terutama berlaku jika kita ingin membangun tim berkinerja hebat. Website Harvard Business Review menuliskan bahwa “tidak peduli seberapa brilian orang-orang sebagai individu, mereka akan jauh lebih efektif ketika bekerja bersama-sama”.

Kita akan sering menghasilkan kualitas produktifitas kerja yang lebih efisien ketika bekerja sama. Tetap berfokuslah untuk secara aktif membangun kerjasama seperti ini, buatlah kerja bersama-sama menjadi budaya kerja di tempat kita bekerja, budaya seperti ini akan meningkatkan kepercayaan di antara rekan-rekan kerja dan keahlian interpersonal yang dihasilkan lebih berkualitas.

   For Further Information, Please Contact Us!