Articles

Read the articles about accounting,internal audit, tax, human resource,information and technology

Quality Principles To Win The Market

11 January 2019
Category: SECRETARY
Penulis:         Brigita Ageng C., A.Md.
Quality Principles To Win The Market

Berkaca pada kesuksesan perusahaan-perusahaan besar yang masih eksis di Indonesia hingga saat ini, misalkan Indofood yang tetap berjaya setelah 28 tahun berdiri sebagai produsen berbagai jenis makanan dan minuman, bahkan saat ini telah sukses menembus pasar dunia. Serta kesuksesan Honda yang telah berdiri lebih dari 70 tahun dan tetap banyak peminatnya meskipun harganya yang lebih mahal ketimbang produsen mobil lainnya dengan spesifikasi yang sama. Pelajaran apa yang dapat diambil dari 2 contoh perusahaan besar tersebut? Apa yang membuat mereka sukses hingga saat ini di tengah maraknya persaingan dunia bisnis?

Kedua perusahaan tadi melakukan langkah awal yang sebenarnya sudah familiar di telinga kita, yaitu penggunaan Total Quality Management atau biasa kita sebut TQM. Apa itu TQM? Menurut Drs. M.N. Nasution, M.S.c., A.P.U., TQM adalah suatu pendekatan dalam menjalankan usaha yang mencoba untuk memaksimumkan daya saing organisasi melalui perbaikan terus-menerus atas produk, jasa, tenaga kerja, proses, dan lingkungannya. TQM yang baik nantinya akan membawa perusahaan untuk sustain di dunia bisnis. Untuk menciptakan TQM yang baik, perusahaan harus terlebih dulu menilai kelemahan dan kelebihan produk yang dihasilkan, apakah sudah cukup untuk dilepas dipasaran, atau harus ditingkatkan lagi dengan mempertahankan keunggulannya agar mampu bertahan dan jadi unggulan dipasaran.

Dari hasil survey akan kelebihan dan kelemahan tersebut, kita dapat menentukan strategi maupun improvement apa yang harus dilakukan perusahaan untuk memenangkan persaingan, baik dari segi internal maupun eksternal. Kualitas merupakan suatu kondisi dinamis yang berhubungan dengan produk, jasa, manusia, proses, dan lingkungan yang memenuhi atau melebihi harapan pelanggan. Dari definisi dari kualitas ini, maka kualitas yang baik tentunya adalah sasaran yang ingin dicapai oleh perusahaan, karena dengan memenuhi harapan pelanggan tentunya akan mendatangkan keuntungan dan juga menjaga keberlangsungan hidup perusahaan tersebut. Bagaimana cara agar kita dapat memberikan kualitas yang baik untuk pelanggan kita. Untuk mencapai kualitas yang baik, ada 4 prinsip yang dapat diterapkan:

    1.Customer Define Quality

    Customer menentukan kualitas yang kita miliki, kumpulkan testimoni dari customer mengenai produk Anda yang telah mereka gunakan. Dari testimoni tersebut, kita dapat menganalisa kekuatan dan kelemahan yang kita miliki, sehingga dapat menentukan langkah untuk memperbaiki produk yang dihasilkan. Jaman dahulu, kualitas bukanlah hal utama yang diperhatikan, perusahaan lebih mementingkan persaingan harga ketimbang kualitas. Namun, apakah kondisi sekarang ini kita masih bisa mengesampingkan kualitas, dengan kondisi customer yang sangat pemilih.

    2.Quality is not an act, it is a habit

    Lanjutan dari prinsip yang pertama, kualitas bukanlah tindakan sesaat, namun harus dilakukan secara terus menerus sehingga menjadi kebiasaan atau budaya. Jika kita peduli dengan konsumen kita, kita harus melakukan perbaikan secara terus-menerus, sehingga customer tetap akan loyal kepada kita walaupun ada pesaing baru yang bergerak di segment yang sama. Yang berperan dalam menanamkan budaya ini adalah pimpinan perusahaan, karena mereka merupakan role model atau figur panutan bagi orang-orang di bawahnya. Jika pimpinan dapat menunjukkan konsistensi dalam membangun budaya yang baik, maka bawahan akan mengikuti teladan tersebut dengan sendirinya.

    3.Quality is a journey not a destination

    Kualitas adalah sebuah perjalanan yang tidak ada hentinya, tidak ada ujungnya, karena kita berprinsip pada improvement yang berkelanjutan. Standar harus selalu kita naikkan, mengingat persaingan bisnis yang semakin ketat, karena hari ini harus lebih baik dari hari kemarin, dan hari esok harus lebih baik hari ini, kalau tidak kita yang akan merugi, karena pesaing kita juga akan melakukan hal yang sama, yaitu memperbaiki produk mereka secara continue.

    4.Quality is everyone job

    Ini penting, kualitas adalah tanggung jawab seluruh jajaran dalam organisasi/perusahaan, Semua bagian organisasi/perusahaan bertanggung jawab atas kualitas di bidangnya masing-masing. Sederhana - karena setiap orang dalam organisasi harus cukup peduli tentang pengguna akhir/pelanggan untuk melakukan apapun yang perlu mereka lakukan untuk memastikan bahwa produk akhir yang dikirimkan kepada pengguna atau pelanggan tersebut memenuhi kebutuhan mereka, dan menyelesaikan masalah mereka dengan baik. Sehingga mereka tidak segan untuk melakukan repeat order atau bahkan merekomendasikan pada pihak lain.

Satu saja dalam prinsip kualitas di atas tidak dilakukan, maka akan menghambat prinsip yang lain, karena prinsip-prinsip ini berkesinambungan dan tidak pernah berhenti sepanjang bisnis berjalan. Jika dapat menyelaraskan 4 prinsip diatas, tentunya perusahaan dapat bertahan dari sengitnya persaingan global, memenangkan pasar yang menjadi target perusahaan dan tentunya membuat perusahaan menjadi profitable.

   For Further Information, Please Contact Us!