Articles

Read the articles about accounting,internal audit, tax, human resource,information and technology.

CARA SEDERHANA MENJADI PEKERJA UNGGUL

04 January 2019
Category: SECRETARY
Penulis:         Stephanie Octavia, S.E.
CARA SEDERHANA MENJADI PEKERJA UNGGUL

Saat ini, perusahaan sedang berlomba-lomba untuk merekrut karyawan-karyawan unggul. Selain kemampuan teknis dan intelektual, kepribadian yang baik juga mutlak diperlukan oleh seorang pekerja unggul, agar mampu berkomitmen untuk memajukan perusahaan sesuai dengan visi misi yang sudah ditetapkan. Apabila kita tidak mampu memenuhi dua kriteria ini, tentunya perusahaan akan melirik sebelah mata, dan kita dituntut untuk mampu bersaing dengan pekerja lain yang lebih kompeten dalam dua hal tersebut.

Ada banyak alasan mengapa pekerja seringkali menjadi jenuh dalam pekerjaannya, bisa jadi karena tidak adanya kenaikan atau promosi yang diberikan atasanya, rutinitas pekerjaan, dan banyaknya deadline yang hadir bersamaan. Namun harus dievaluasi, apakah tidak adanya kenaikan atau promosi ini, sumbernya berasal dari perusahaan atau dari kinerja kita yang memang belum layak diberikan apresiasi. Sekarang kita harus menilai diri kita, apakah kita sudah layak untuk menerima hal tersebut. Jika kita memang dirasa layak, maka bisa disampaikan secara terbuka kepada atasan, mengapa kita tidak dipromosikan. Dan sebaliknya, apabila kita belum layak menerima kenaikan atau promosi, maka saatnya kita memperbaiki kinerja dan pribadi kita.

Menjadi pekerja yang unggul sebenarnya dapat dimulai dengan cara sederhana. Pekerja tidak perlu bermulut manis agar menarik perhatian atasan atau rekan kerja. Menjalankan seluruh tugas dengan penuh tanggung jawab, tidak cukup menjadikan kita bisa disebut pekerja unggul. Jika pekerja tidak mempunyai kualitas yang dibutuhkan, maka sulit baginya untuk mendapatkan promosi. Lalu apa saja hal-hal positif yang dapat kita lakukan, untuk mengasah hal tersebut:

    1.Memiliki Semangat Bekerja

    Semangat dalam bekerja dibutuhkan untuk meningkatkan kemampuan pekerja dalam menyelesaikan pekerjaannya. Dimana setiap pekerja yang bekerja dengan sepenuh hati, dia akan menyelesaikan pekerjaannya dengan hati-hati, teliti dan benar. Berbeda dengan karyawan yang tidak bersemangat, mereka akan cenderung bermalas-malasan, bekerja jika hanya karena diperintah, dan mereka bekerja hanya karena rutinitas saja.

    2.Memiliki Metode Kerja yang Efektif dan Efisien

    Cara kerja yang efektif dan efisien tentu kita dapat menyelesaikan pekerjaan sesuai deadline. Disamping mampu mengerjakan secara cepat, pekerja yang unggul harus mampu mengerjakan dengan tepat, tidak asal selesai. Karena pekerjaan yang asal selesai akan berakibat buruk. Semua pekerjaan yang kita sudah lakukan pada hari itu akan dinilai cacat, padahal hanya karena satu kesalahan yang dilakukan.

    3.Berani Menghadapi Risiko Kerja

    Semua pekerja mengharapkan semua pekerjaannya berjalan lancar dan tidak ada risiko. Tetapi setiap pekerjaan pasti memiliki risiko. Pekerja yang unggul harus berani menghadapi risiko dari yang kecil sampai yang besar. Jika pekerja menghadapi resiko kecil sudah mengeluh sepanjang hari itu tidak akan mengurangi pekerjaan yang ada, malahan akan membuat pekerjaan tertunda. Jadi risiko pekerjaan, kita harus hadapi karena sudah menjadi tanggung jawab dan bagian dari pekerjaan kita.

    4.Berinovasi

Setiap pekerja harus memliki keinginan kuat untuk belajar, menambah pengetahuan tentang pekerjaan yang digeluti. Selain itu, pekerja juga harus memiliki jiwa inovasi. Adapun hal-hal yang harus diperhatikan dalam berinovasi, agar diterima baik yaitu inovasi yang pekerja berikan harus sejalan dengan visi dan misi perusahaan. Visi dan misi bukan hanya untuk mementingan diri sendiri, tetapi juga untuk kepentingan organisasi, karena ini menyangkut citra perusahaan di masyarakat luas.

    5.Berpikir Positif

    Pekerja yang unggul selain mempunyai karakter yang berkualitas, pekerja harus memiliki pikiran yang positif dalam setiap pekerjaannya. Berpikir positif ketika ada permasalahan, dan memikirkan solusi yang harus diambil sehingga tidak merugikan pihak lain.

Dari kelima kualitas tersebut, apabila dengan penuh kesadaran kita mampu mengimplementasikan, maka bukan hal mustahil jika kita bisa menjadi pekerja yang unggul di perusahaan. Dan sebagai pekerja yang unggul, tentunya akan mendapatkan banyak keuntungan, seperti kenaikan jabatan, dan mendapatkan promosi. Selain itu, juga akan menjadi contoh kepada rekan sekerja maupun anak buah kita. Memiliki pekerja yang unggul juga tentunya akan menjadi asset berharga bagi sebuah organisasi,untuk mensukseskan pencapaian perusahaan ditengahtantangan dunia bisnis yang semakin ketat.

   For Further Information, Please Contact Us!