Articles

Read the articles about accounting,internal audit, tax, human resource,information and technology

Mengapa Sekretaris Harus Disiplin?

27 May 2015
Category: SECRETARY
Penulis:         Bunga Desiarti Setiono, A.md
Mengapa Sekretaris Harus Disiplin?

Mengapa sekretaris harus disiplin? Apa hubungannya sekretaris dengan kedisiplinan? Disiplin berasal dari bahasa Latin “disibel” yang berarti pengikut, seiring dengan perkembangan zaman, kata tersebut mengalami perubahan menjadi “disipline” yang artinya kepatuhan atau yang menyangkut tata tertib. Dapat diartikan bahwa disiplin merupakan perasaan taat dan patuh terhadap nilai-nilai yang dipercaya termasuk melakukan pekerjaan tertentu yang menjadi tanggung jawabnya (www.wikipedia.com). Nilai-nilai kedisiplinan antara lain: tanggung jawab, pendewasaan diri, kemandirian, taat dan patuh terhadap peraturan yang ada.[M1]

Mengapa sekretaris harus mempunyai nilai kedisiplinan yang tinggi, karena sekretaris sebagai seorang yang dapat dipercaya dalam melakukan pekerjaan yang memiliki integritas dan tanggung jawab yang besar terhadap suatu pekerjaan. Apabila seorang sekretaris tidak mampu menerapkan nilai kedisiplinan dalam pekerjaannya, maka dapat dipastikan bahwa pekerjaan yang sedang dilakukannya pasti tidak dapat terselesaikan dengan baik. Sebagai contoh apabila seorang sekretaris sering datang terlambat ke kantor, pasti dia tidak dapat memulai aktifitasnya dengan baik, pekerjaan yang seharusnya dikerjakan dipagi hari terhambat akibat datang terlambat, pikiran menjadi kacau dan aktifitas di pagi hari menjadi tidak fokus. Disiplin tidak hanya diukur dalam hal waktu saja, kedisiplinan dapat kita terapkan dengan mengikuti aturan yang berlaku di dalam kantor. Contoh lain dari kedisiplinan adalah kita sebagai seorang sekretaris bisa membuat schedule to do list yang akan kita kerjakan disepanjang hari ini, dan apa saja yang harus segera kita selesaikan di hari ini, sehingga semua pekerjaan kita tidak ada yang terlewatkan. Mengingat bahwa pekerjaan seorang sekretaris tidaklah sedikit dan kita dituntut untuk dapat multi talented dimana kita harus bisa mengerjakan semua hal dalam waktu yang berdekatan. Untuk itu, apabila kita tidak disiplin dalam mengatur waktu, maka pekerjaan kita akan berantakan.

Disiplin dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari, dengan kata lain jadikanlah disiplin sebagai suatu kebiasaan yang terekam dalam aktifitas sehari-hari. Hal ini dapat memudahkan kita dalam menerapkan nilai-nilai kedisiplinan dalam bekerja. Contohnya saja untuk sekretaris yang sudah berkeluarga dapat menerapkan nilai kedisiplinannya dengan membagi waktu antara pekerjaan dan keluarga yang dapat menimbulkan working[M2] balance. Pembagian waktu dapat dilakukan dengan cara membiasakan diri hidup dengan cara yang teratur, tahu apa yang dilakukan terlebih dahulu dari pagi hari hingga malam hari. Semua kegiatan yang kita lakukan sepanjang hari sudah terjadwal dengan baik, walaupun pasti ada hal-hal yang membuat jadwal rutinitas kita menjadi terganggu, namun hal tersebut tidak akan menjadi masalah apabila kita sudah mempersiapkan jadwal kegiatan kita terlebih dahulu. Sehingga kita dapat bekerja tepat waktu tidak sampai overtime hingga larut malam, kecuali apabila memang sedang dalam pekerjaan yang menuntut kita harus menyelesaikan pekerjaan tersebut pada hari itu juga.

Untuk menjadi seorang sekretaris yang profesional, nilai kedisiplinan merupakan nilai prioritas yang harus dimiliki. Mengingat sekretaris adalah seorang yang dianggap berpengaruh didalam lingkungan kerja, sekretaris dapat menjadi contoh dan teladan bagi staf atau atasannya, apabila sekretarisnya rajin dan disiplin maka lingkungan kantornya akan terasa lebih baik. Kedisiplinan dapat membantu memudahkan semua elemen dalam bekerja dengan baik, akan sangat terasa manfaatnya apabila semua orang dapat menerapkan nilai-nilai dalam bekerja. Semua pekerjaan akan dapat diselesaikan dengan baik, dan tepat waktu. Belum terlambat untuk menerapkan nilai disiplin dalam kehidupan ktia, baik dalam kehidupan pribadi, maupun dalam kehidupan sosial.


[M1]Huruf kecil

[M2]huruf kecil semua

   For Further Information, Please Contact Us!