Articles

Read the articles about accounting,internal audit, tax, human resource,information and technology.

CRITICAL MINDED FOR PROFESSIONAL SECRETARY

03 November 2018
Category: SECRETARY
Penulis:         Arin Dwi Puspita
CRITICAL MINDED FOR PROFESSIONAL SECRETARY

Setiap orang tentunya memiliki perbedaan sudut pandang atau pola berpikir. Banyak faktor yang menjadi penyebabnya, selain karena perbedaan budaya, perbedaan kultur keluarga, perbedaan pendidikan dan lain sebagainya. Perbedaan inilahyang sering disebut sebagai perbedaan persepsi atau sudut pandang. Demikian pula di dunia pekerjaan, dimana kita banyak berhubungan dengan orang lain, rekan kerja, klien, atasan atau bawahan. Khususnya untuk profesi sekretaris, yang setiap hari banyak berkomunikasi dengan pimpinannya. Pernahkah kita memikirkan, "Mengapa saya harus berpikir begitu keras dari suatu masalah? Bagaimana ketika pimpinan saya mengambil keputusan yang salah, apa yang harus saya lakukan sebagai sekretarisnya? Tentu saja ini adalah hal yang akan sering dihadapi, mungkin untuk sebagian orang merasa berpikir kritis sulit dilakukan namun dengan membiasakan diri setiap hari secara rutin dan berkelanjutan pasti akan terbiasa.

Menjadi seorang sekretaris pimpinan tidaklah mudah, ketika ada kesalahan tentu saja pimpinan akan lebih banyak menyalahkan sekretaris karena sekretaris dianggap orang yang paling dipercaya akan segala hal yang berkaitan dengan pimpinan. Contoh kita berpikir kritis, ketika mengikuti suatu rapat disana kita harus berusaha untuk memberikan ide dan gagasan yang sudah kita pikirkan untuk dipertimbangkan kembali oleh seluruh anggota rapat, dalam mempertimbangkan ide tersebut kita juga harus berpikir kritis apakah itu baik untuk dilaksanakan atau tidak.

Banyak pekerjaan yang menuntut seorang sekretaris untuk mampu berpikir kritis,bahkan bisa dikatakan mayoritas setiap kegiatan dalam pekerjaan menuntut hal itu. Berpikir kritis diperlukan pada pekerjaan kita. Dimana kita sering dihadapkan pada kondisi yang mengharuskan kita mampu mengambil suatu keputusanatau kesimpulan, serta menganalisis dan mengevaluasi masalah tersebut. Jadi akan lebih baik lagi kita membiasakan berpikir kritis mulai dini. Berpikir kritis adalahkemampuan menganalisa suatu gagasan atau ide dengan lebih spesifik, berpikir kritis bukanlah berpikir lebih keras melainkan berpikir lebih baik, selain itu juga merupakan hal positif dan banyak manfaatnya. Di bawah ini akan dijelaskan beberapa manfaat jika kita mampu berpikir kritis.

1.Memiliki banyak alternatif jawaban dan ide kreatif

Jika kita mempunyai suatu masalah pekerjaan, kita tidak hanya terpaku pada satu jalan keluar saja. Apalagi sekretaris tidak hanya mengurusi kepentingan pimpinan saja tapi pekerjaan multitasking, dengan terbiasa berpikir kritis akan lebih mudah menghadapi masalah dan memiliki banyak opsi jalan keluar. Dan berpikir kritis akan membuat kita memiliki banyak ide kreatif dan inovatif serta out of the box.

2.Mudah memahami sudut pandang orang lain

Dalam bekerja, tentunya kita akan dihadapkan dengan banyak karakter orang, dengan terbiasa berpikir kritis kita tidak akan terlalu kaku dalam memberikan pendapat atau menerima ide-ide dari orang lain. Kita lebih mudah untuk memahami sudut pandang orang lain dan tidak terlalu fokus pada pendirian pendapat sendiri. Keuntungan lain dari memiliki pikiran yang lebih fleksibel dari berpikir kritis adalah kita akan lebih mudah memahami sudut pandang orang lain.

3.Menjadi rekan kerja yang baik

Banyak manfaat ketika kita mampu berpikir kritis, dan manfaat-manfaat itu pada umumnya saling berkaitan. Misalnya saja kita lebih terbuka dan tidak kaku menerima pendapat orang lain, tentu juga akan lebih dihormati oleh rekan kerja karena kita tidak merasa paling benar. Jika hubungan kita baik dengan rekan kerja, situasi lingkungan kerja juga akan lebih baik dan lebih kondusif serta produktif dalam bekerja. Hal lain yang penting selain pekerjaan dan hubungan dengan atasan adalah lingkungan kerja yang bisa saling membantu satu sama lain.

4.Lebih Mandiri

Terbiasa berpikir kritis membuat kita mampu berpikir lebih mandiri, artinya tidak harus selalu mengandalkan bantuan orang lain ketika terjadi masalah, sama halnya ketika pimpinan mengalami masalah salah satu manfaatnya adalah kita bisa membantu memberikan ide atau pendapat dengan cepat. Dengan berpikir kritis, akan melatih otak untuk berpikir lebih kritis, tajam, kreatif, serta inovatif.

5.Tidak mudah ditipu

Berpikir kritis membuat kita dapat berpikir lebih rasional dan beralasan sehingga mudah diterima. Tidak mengambil keputusan secara sepihak dan pasti berdasarkan fakta, kita tidak mudah percaya dengan perkataan orang lain sebelum menganalisa masalah yang terjadi. Dengan mampu berpikir kritis membuat kita tidak mudah terprovokasi atau ditipu oleh orang lain.

Ada banyak cara untuk belajar berpikir kritis, karena banyak sekali manfaat dari berpikir kritis ini maka sangatlah penting untuk dimiliki oleh seorang sekretaris. Dengan segala pekerjaan sekretaris yang tak hanya administrasi tapi juga ketrampilan serta inovasi yang harus dikembangkan. Dengan begitu sekretaris tidak akan mengandalkan pemikiran orang lain saja, tapi mampu menggabungkan pemikiran dari beberapa individu dan menghasilkan suatu hasil yang berdampak baik, dan memprioritaskan hal yang bersifat makro untuk kemajuan organisasi.

   For Further Information, Please Contact Us!