Articles

Read the articles about accounting,internal audit, tax, human resource,information and technology

Ordinary People, To Be Good People And To Be Great People

26 May 2015
Category: HUMAN RESOURCE
Penulis:         Yuanita Agata Talentine, S. Psi
Ordinary People, To Be Good People  And To Be Great People

Tumbuh kembang perusahaan cukup bergantung dengan kualitas SDM yang ada. Membangun kualitas sebagai great people adalah sebuah tantangan lain yang cukup berat bagi sebuah perusahaan. Kenapa harus great people? Apa bedanya dengan good people? Mungkin itulah yang pertama kali muncul di benak kita. Ternyata great people berada dalam kasta tertinggi untuk klasifikasi jenis-jenis pekerja. Mereka memberikan kontribusi yang cukup positif bagi perkembangan sebuah organisasi.

Menurut Paul G. Stoltz, ada tiga tipe pekerja yang saat ini berada dalam sebuah organisasi. Yang pertama adalah tipe ordinary people, dimana tipe ini digambarkan sebagai sosok pekerja yang berada dalam zona Quitters Group, yaitu mereka yang telah berhenti untuk berkembang dan berjuang. Mungkin dalam hal ini bukan berarti mereka adalah orang-orang yang tidak mau bekerja, namun pada dasarnya orang-orang dalam zona ini hanya bekerja berdasarkan kewajiban dan rutinitas yang diberikan kepada mereka. Masih belum nampak upaya lebih untuk memaksimalkan potensi dan mencapai karir lebih tinggi. Mungkin kita bisa menyebut bahwa mereka adalah orang-orang yang pasrah, dengan motto “Sing penting kerjo”. Sehingga mereka tidak mengharapkan apresiasi lebih atas apa yang dilakukan.

Tipe pekerja yang kedua adalah good people, dimana tipe ini berada dalam zona yang disebut dengan Campers Group. Campers disini dalam arti sebenanya adalah ‘berkemah’, yaitu mereka yang berada disini adalah mereka yang telah sukses mencapai apa yang menjadi tujuannya dalam bekerja, kemudian menikmatinya namun masih belum ada upaya untuk mau berkembag lagi. Bisa jadi mereka yang baru saja mendapat promosi dan merasa sudah cukup puas diposisi saat ini sehingga terjebak dalam zona nyaman dalam jangka waktu yang cukup lama.

Tipe pekerja yang ketiga atau yang terakhir adalah great people, dimana tipe ini berada dalam zona yang disebut dengan Climbing Group. Artinya mereka selalu berusaha mendaki/ bisa juga didefinisikan bahwa mereka adalah orang-orang yang selalu ingin menampilkan kualitas diri yang lebih baik dari kemarin. Mereka bertransformasi dari ordinary people menjadi good people untuk kemudian menjadi great people. Mereka adalah sosok yang selalu berupaya untuk mengubah hambatan menjadi peluang kesuksesan.

Seiring dengan pertumbuhan sebuah perusahaan, merekapun akan menginginkan pekerja dengan kualitas great peopleagar bisa melaju pesat ditengah persaingan yang cukup ketat. Dari artikel ini kita dapat memilih ataupun memberikan penilaian terhadap diri kita, masuk dalam kategori manakah diri kita saat ini? Mau menjadi tipe berapa kita nantinya? Apabila kita terus menjadi ordinary people atau hanya sekedar menjadi good people maka tidak menutup kemungkinan bahwa suatu hari nanti kita harus siap digeser oleh mereka yang memiliki kesiapan kompetensi dan kualitas diri yang berada dalam taraf great. Semoga artikel ini dapat menjadi awal inspirasi untuk rekan-rekan yang sedang meniti karir di dunia kerja.

   For Further Information, Please Contact Us!