Articles

Read the articles about accounting,internal audit, tax, human resource,information and technology.

PEMIMPIN ZAMAN “NOW”

12 October 2018
Category: HUMAN RESOURCE
Penulis:         Rizki Faradila, S. Psi
PEMIMPIN ZAMAN “NOW”

Dalam menghadapi Disruption era seperti saat ini, perkembangan dan perubahan terus terjadi pada segala sektor bisnis. Dan jika kita berbicara bisnis, sangat erat kaitannya dengan faktor kepemimpinan yang tentunya juga ikut mengalami perubahan pola. Teori kepemimpinan zaman dahulu banyak yang sudah tidak sesuai bila diterapkan di masa sekarang. Kepemimpinan zaman dahulu identik dengan kepemimpinan yang linear, yaitu ketika hubungan yang terjalin layaknya ‘majikan’ dengan bawahan. Dengan gaya kepemimpinan seperti itu, bawahan hanya melakukan pekerjaan jika mendapat instruksi sehingga tidak melatih sikap proaktif karyawan. Di zaman sekarang, cara memimpin seperti layaknya ‘majikan’ tidak bisa dilakukan lagi karena kini semua pihak harus berjalan berdampingan.

Pemimpin zaman “now” diibaratkan sebagai pemimpin yang membawa cermin. Ketika seorang pemimpin menuntut para karyawan untuk bekerja secara maksimal, maka seketika itu pula karyawan tersebut akan melihat kinerja dari para pemimpinnya. Jika menelisik ke beberapa tahun silam, kita mengenal karakteristik dan sifat yang perlu dimiliki pemimpin adalah beriman dan bertaqwa pada Tuhan, jujur dan adil, serta disiplin, cerdas, ulet dan tanggap. Namun jika kita melihat situasi saat ini, sifat-sifat tersebut tidak cukup sebagai gambaran pemimpin masa kini.

Dengan pesatnya perkembangan teknologi dan maraknya media sosial, karyawan perlu pemimpin yang lebih dekat di hati. Karyawan lebih ingin mengenal sosok pemimpin bukan hanya dari segi kinerja tetapi cara bersosialisasi dan cara memimpin yang meninggalkan kesan positif dalam ingatan. Sosok pemimpin yang demikian membawa karyawan-karyawannya menjadi lebih engaged dan termotivasi untuk memberikan kinerja terbaik sehingga akan berdampak pula pada pencapaian target perusahaan yang lebih maksimal. Berikut beberapa sifat dan karakter yang setidaknya perlu dimiliki oleh pemimpin masa kini :

    1.Agile

    Makna agile tidak hanya sekedar lincah dan tangkas, melainkan cepat, kuat dan berani. Dunia berubah dengan kecepatan yang semakin meningkat, maka dari itu dipelukan ketangkasan, kecepatan, kekuatan dan keberanian. Pemimpin kekinian harus memiliki ambiguity acceptance, yakni bagaimana seorang pemimpin tetap senantiasa produktif dalam suasana yang ambigu.

    2.Digital mindset

    Pemimpin kekinian perlu menguasai digital leadership yaitu kemampuan untuk melakukan inisiatif mengembangkan teknologi menjadi sesuatu yang bernilai tinggi. Selain itu juga perlu memiliki kemampuan menguasai teknologi digital, karena saat ini perkembangan proses kerja yang dilakukan bawahannya dapat dipantau secara real time melalui media sosial.

    3.Kemampuan berkompetisi

    Seorang pemimpin harus bisa bersaing secara sehat, memiliki hard skill dan soft skill untuk menciptakan kompetisi yang sehat guna mendapatkan posisi yang punya kekuatan dan pengaruh dalam perusahaannya.

    4.Kolaboratif

    Adanya perkembangan teknologi menjadikan kita saling tergantung antara satu dengan yang lain, dalam kondisi seperti ini kolaborasi adalah kewajiban. Dunia bisnis memang menciptakan kompetisi, namun tetap perlu diimbangi dengan kolaborasi. Suasana kerja yang kolaboratif tentu menciptakan lingkungan yang nyaman sehingga membuat karyawan menjadi lebih engaged dan produktivitas pun meningkat.

    5.Pemimpin Humoris

    Mayoritas pemimpin bersikap perfeksionis dan kritis terhadap diri sendiri juga orang lain sehingga tidak jarang memunculkan ketegangan. Tegang dalam bekerja dapat mengakibatkan stres bekerja hingga menurunnya produktifitas. Oleh karena itu, sebaiknya seorang pemimpin dapat mengatur stabilitas emosinya dengan humor. Karena humor mencerminkan rasa bahagia yang menenangkan. Baik dari segi kesehatan, rasa bahagia memunculkan energi positif yang dapat membuat karyawan bekerja lebih produktif.

Pengalaman dan kompetensi teknis yang baik merupakan hal wajib yang harus dimiliki oleh seorang pemimpin. Namun perlu disadari bahwa pada saat ini, dua hal itu saja belum cukup. Pemimpin yang berkarakter dan menginspirasi justru lebih membawa dampak pada keterikatan (engagement) karyawan. Karyawan yang engaged tentu akan memberikan kinerja yang lebih unggul dan membawa produktivitas perusahaan menjadi semakin optimal. Karena sesungguhnya proses kepemimpinan sejatinya adalah bukan memberikan instruksi semata, tetapi harus mampu memberikan inspirasi melalui tindakan nyata.

   For Further Information, Please Contact Us!