Articles

Read the articles about accounting,internal audit, tax, human resource,information and technology.

Pengaruh Perkembangan Teknologi Informasi Akuntansi Di Dunia Bisnis Masa Kini

02 August 2018
Category: MANAGEMENT SYSTEM
Penulis:         Angelina Hutomo Chandra, S.E.
Pengaruh Perkembangan Teknologi Informasi Akuntansi  Di Dunia Bisnis Masa Kini

Dalam perkembangan era modern yang begitu pesat, dimana persaingan bisnisnya semakin memanas, diperlukan sebuah strategi agar setiap perusahaan mampu mempertahankan kelangsungan hidup dan memajukan suatu perusahaan agar tidak tertinggal dengan yang lain.

Agar kondisi suatu perusahaan dapat diketahui dan dimengerti oleh top management maupun stakeholders, diperlukan suatu laporan keuangan yang dapat menginformasikan kondisi perusahaan kepada stakeholders. Sistem informasi akuntansi menghasilkan laporan keuangan untuk para stakeholders tersebut yang mencerminkan kinerja suatu perusahaan. Sistem informasi akuntansi diperlukan untuk menghasilkan suatu laporan keuangan. Hal ini bisa dilakukan dengan sistem secara manual atau tradisional dan sistem komputer. Namun, seiring berjalannya waktu dan perkembangan era modern, sekarang ini para pengguna dan pembuat laporan keuangan mulai meninggalkan sistem manual dan beralih ke sistem komputer.

Perkembangan teknologi informasi akuntansi pada masa kini sangat berpengaruh besar terhadap sistem informasi akuntansi (SIA) dalam suatu perusahaan. Pengaruh yang dapat dirasakan adalah proses data yang mengalami perubahan dari sistem manual ke sistem komputer. Oleh karena itu, pengendalian internal dalam SIA juga akan mempengaruhi peningkatan jumlah dan kualitas informasi dalam pelaporan keuangan. Perkembangan akuntansi dalam perihal sistem informasi berbasis komputer akan menghasilkan laporan keuangan yang efektif, efisien dan akurat.

Dengan adanya sistem akuntansi berbasis komputer, tidak akan membutuhkan banyak waktu, biaya dan tenaga dalam melaksanakannya bila dibandingkan dengan pengerjaan secara manual atau tradisional. Selain itu, informasi yang dihasilkan oleh sistem akuntansi berbasis teknologi komputer akan menjadi lebih cepat dan akurat serta tidak perlu membutuhkan pemeriksaan secara berulang terhadap hasil (output) yaitu laporan keuangan yang disajikan.

Proses implementasi teknologi informasi untuk pendekatan penyelesaian permasalahan yang berhubungan dengan akuntansi akan mampu mempermudah proses yang terkait dengan pengolahan data-data dan transaksi akuntansi. Pendekatan pemecahan masalah menggunakan sistem informasi akuntansi menggunakan hardware berupa personal computer, dan menggunakan software yaitu aplikasi-aplikasi yang sifatnya menunjang suatu sistem informasi akuntansi itu sendiri.

Informasi dan data akuntansi merupakan hal yang terpenting dari seluruh informasi yang diperlukan oleh top management. Informasi akuntansi terutama berhubungan dengan transaksi keuangan dari suatu perusahaan. Agar data keuangan yang ada dapat dimanfaatkan oleh pihak manajemen maupun stakeholders, maka data tersebut perlu disusun dalam bentuk-bentuk yang sesuai. Untuk dapat menghasilkan informasi yang sesuai, juga diperlukan suatu sistem yang mengatur arus dan pengolahan data akuntansi dalam perusahaan.

Proses pengolahan data akuntansi akan dapat dilakukan dengan lebih cepat bila digunakan komputer. Hal ini dapat terjadi karena kemampuan komputer untuk mengolah data yang jauh melebihi kecepatan manusia. Dengan adanya perkembangan teknologi komputer yang semakin maju, semakin banyak perusahaan yang menggunakan jasa komputer untuk memproses data akuntansinya. Di satu pihak, komputer merupakan alat bantu yang sangat bermanfaat dalam sistem informasi akuntansi. Tetapi di lain pihak diperlukan teknik-teknik pengawasan yang berbeda dengan yang digunakan dalam cara manual untuk menjamin ketelitian dan keamanan dalam memproses data dan menjaga aset milik perusahaan.

Dengan adanya keberadaan sistem informasi akuntansi berbasis teknologi komputer, bukan berarti tidak ada permasalahan maupun hambatan yang akan dialami oleh perusahaan. Hal ini dikarenakan dalam implementasi sistem informasi akuntansi berbasis komputer dibutuhkan kesiapan dan keyakinan untuk melaksanakannya baik dari sumber daya manusia maupun sumber daya ekonomi (modal). Oleh karena itu, perusahaan harus mempersiapkan bagaimana mengatasi permasalahan yang disebabkan oleh kehadiran sistem informasi akuntansi berbasis komputer.

Sebagai contoh adalah masalah kompetensi dan kemampuan sumber daya manusia yang belum memadahi di bidang sistem informasi akuntansi berbasis komputer, serta masalah pemeliharaan akan keamanan (security) sistem tersebut dari bahaya virus, kehilangan data, ataupun tindakan peretas (hacker) yang tidak bertanggung jawab. Dan yang terutama adalah ketidakmampuan menerjemahkan kebutuhan user ke dalam persyaratan teknis. Salah satu kegagalan utama pengolahan data adalah adanya kegagalan komunikasi antara user dengan personil teknis (programmer). Dalam banyak kasus user tak dapat menyatakan dengan baik kebutuhan,kebutuhan mereka dalam cara yang memudahkan proses penyiapan aplikasi komputer. Sebaliknya programmer seringkali tidak mampu menyerap dengan baik kepentingan dan permintaan para user. Resiko pemuasan kebutuhan ini merupakan resiko yang kompleks. Resiko yang timbul meliputi kegagalan untuk mengimplementasikan kebutuhan karena user tidak memiliki kemampuan teknis. dampaknya adalah kebutuhan yang diimplementasikan adalah kebutuhan yang tidak layak karena programmer tidak memahami kebutuhan sebenarnya dari user. Akibat lainnya adalah munculnya sistem manual yang semakin besar untuk menutup kelemahan-kelemahan dalam aplikasi komputer

Berdasarkan ulasan yang sudah dipaparkan, dapat disimpulkan bahwa dengan perkembangan jaman dan teknologi masa kini, sistem informasi akuntansi berbasis manual dan/ tradisional sudah mulai ditinggalkan. Perusahaan sudah mulai beralih ke pemakaian sistem informasi akuntansi yang berbasis komputer, karena dianggap lebih cepat, tepat, dan akurat dalam menyajikan suatu informasi berupa laporan keuangan yang dibutuhkan oleh stakeholders, sehingga dengan demikian perusahaan menjadi lebih sangat efektif dan efisien dalam rangka mencapai tujuannya. Namun perlu diketahui, bahwa dengan keberadaan sistem informasi akuntansi berbasis komputer, maka pastinya muncul dampak positif dan juga dampak negative. Untuk mengantisipasinya, maka dibutuhkan juga sumber daya manusia yang terampil dalam bidang keuangan dan teknologi komputer. Perusahaan hendaknya menyiapkan sumber daya manusia yang kompeten dengan memberikan pelatihan di bidang ilmu akuntansi dan teknologi komputer. Selain itu, keberadaan sistem informasi berbasis komputer juga harus selalu dipelihara dan di update keamanannya.

   For Further Information, Please Contact Us!