Articles

Read the articles about accounting,internal audit, tax, human resource,information and technology

JADILAH SEKRETARIS BERJIWA “LEADERSHIP” YANG SUKSES

27 July 2018
Category: SECRETARY
Penulis:         Ayun Dwi Oktora
JADILAH SEKRETARIS BERJIWA “LEADERSHIP” YANG SUKSES

Seiring tuntutan profesi sekretaris yang semakin beragam, tentunya berbanding lurus dengan kemampuan yang harus dimiliki. Kemampuan ini tidak hanya berupa hard skill terkait ilmu kesekretariatan, namun juga mengarah pada kemampuan soft skill. Salah satu point yang perlu diasah dalam hal ini adalah jiwa leadership. Seorang sekretaris professional harus memiliki kemampuan leadership supaya dapat mengatur pekerjaannya dengan efisien. Dalam hal apapun, sebenarnya jiwa leadership ini sangat dibutuhkan, tidak hanya untuk profesi sekretaris.

Mengapa seorang sekretaris harus memiliki jiwa leadership? yang notabene profesi ini banyak didominasi oleh wanita serta identik dengan pekerjaaan dibelakang layar. Leadership adalah suatu kemampuan untuk me-manage suatu organisasi dalam suatu sistem melalui talent yang dimiliki dan kemampuan yang dimiliki. Talent adalah kemampuan terlahir dan skill adalah keahlian yang dimiliki melalui training dan pengalaman. Sekretaris harus mempunyai kemampuan dalam memimpin atau jiwa leadership disini tidak selalu karena orang tersebut mempunyai talent yang memang dari lahir dimiliki, namun bisa juga dari skill yang dimiliki melalui training dan juga pengalaman yang ada. Jiwakepemimpinan didalam diri seorang sekretaris harus terus diasah, sehingga sekretaris selain terampil juga mampu menjadi leader bagi dirinya, pekerjaannya, pimpinannya serta lingkungan sekitarnya.

Berikut ini ada beberapa kunci sukses bagi seorang sekretaris dengan jiwa leadership sehingga meningkatkan kualitas skill dalam bekerja:

1.Penghargaan diri

Keberhasilan sebuah pemimpin tentu saja berpengaruh pada anggota-anggota yang ada di dalam perusahaannya dan ini otomatis menjadi self-esteem bagi leader itu. Berarti setiap orang memiliki harga diri. Kita dapat menggunakan hal ini dengan cara memperhatikan serta mengekspresikan ketertarikan kita terhadap pendapat lawan bicara atau pimpinan dalam setiap percakapan dalam hal yang positif. Berikan motivasi dan ekspresi yang menyenangkan dan jika mereka menyukainya ini berarti harga diri kita pun akan bertambah. Sebab mereka menganggap diri kita adalah orang yang tepat untuk diajak berbicara.

2.Perencanaan

Dalam setiap organisasi sebuah keputusan adalah realisasi dari perencanaan seorang pimpinan. Berhasil atau tidaknya tergantung dari matang atau tidaknya sebuah rencana. Sebagai seorang sekretaris yang dekat dengan pimpinan, kita harus memiliki inisiatif yang tinggi untuk menghasilkan ide- ide yang dapat memajukan perusahaan. Hasilkan sebuah ide, ajukan dengan jiwa leader kita dan make a good plan sebelum menjalankannya.

3.Memberikan Motivasi

Seperti yang kita tahu, hal ini sangat penting dalam hidup. Dengan memberi atau memiliki motivasi, banyak keuntungan yang akan didapat khususnya bagi kita seorang sekretaris. Berikan motivasi kepada pimpinan kita dalam kondisi baik ataupun buruk. Namun jangan hanya memberi, kita pun harus memiliki motivasi tinggi agar dapat bekerja secara maksimal dengan pimpinan tersebut.

4.Pendelegasian

Sebagai seorang sekretaris kita harus dapat bertindak tegas terutama dalam memberikan tugas kepada orang yang kita tugaskan. Disini sangat diperlukan jiwa leadership, berikan tugas kepada orang yang dapat dipercaya dan bertanggung jawab. Karena hasil akhir dari tugas tersebut akan berefek pada citra kita sebagai seorang sekretaris dimata pimpinan.

5.Wewenang

Hal ini lekat dengan delegasi. Walaupun kita bukan seorang pimpinan namun bukan berarti kita tidak memiliki wewenang. Sebagai orang yang sangat dekat dengan pimpinan secara otomatis kita telah memiliki wewenang untuk memberikan perintah atau tugas kepada seseorang. Karena hal ini menyangkut pada kepentingan perusahaan, jadi gunakan wewenang kita dengan sebaik- baiknya. Jangan seenaknya sendiri untuk memerintah.

Hal yang telah disebutkan diatas tersebut sangat penting untuk menjadikan kita sebagai seorang sekretaris dengan jiwa leadership yang sukses. Tetapi tidak hanya itu saja. Kesuksesan kita juga tergantung pada bagaimana kita beradaptasi dengan situasi perusahaan dan pimpinan. Dan jangan sampai kita terlambat untuk menuju sukses. Segeralah asah skill leadership kita. Semoga sukses!

   For Further Information, Please Contact Us!