Articles

Read the articles about accounting,internal audit, tax, human resource,information and technology.

MENYIKAPI PERUBAHAN SECARA POSITIF

02 May 2018
Category: HUMAN RESOURCE
Penulis:         Indah Yani, S. Psi
MENYIKAPI PERUBAHAN SECARA POSITIF

Kecepatan laju perkembangan teknologi dan persaingan bisnis dewasa ini, mau tidak mau mempengaruhi iklim organisasi. Tiap organisasi harus mau dan bisa mengikuti tuntutan yang berkembang, yang tentu saja mempengaruhi arus persaingan global secara keseluruhan. Kondisi demikian menjadikan lingkungan bisnis juga ikut berubah secara radikal.

Agar tetap bisa survive dan mengikuti laju perkembangan teknologi dan perkembangan bisnis, maka menuntut tiap orang yang ada didalamnya untuk tidak hanya berperan sebagai pengamat atau penikmat saja, namun perlu merancangkan langkah yang proaktif, kreatif, dan inovatif untuk bisa menang ditengah persaingan. Mereka harus keluar dari zona kenyamanan dan menanggapi secara positif setiap perubahan serta kesigapan untuk terus berubah.

Banyak perusahaan yang mengeluhkan tentang kondisi karyawannya yang resisten ketika diperhadapkan pada perubahan. Ini merupakan permasalahan klasik yang banyak terjadi. Memang ketika mendengar kata ‘perubahan’, nampaknya beberapa orang akan merasa terusik, apalagi bagi mereka yang sudah merasa nyaman dalam kondisinya saat ini. Merubah kebiasaanmenjadi sesuatu yang barumemang bukanlah hal yang menyenangkan. Oleh karena itu tidak dapat dipungkiri beberapa orang akan lebih memilih untuk mempertahankan “situasi nyaman” daripada harus menuntut dirinyamengikuti perubahan.

Oleh karena itu perlu merancangkan bagaimana perubahan dilakukan dan tahapan / bagaimana cara melakukan perubahan serta berapa lama waktu yang diperlukan. Menetapkan dan menyusun langkah-langkah tepat dalam melakukan perubahan, akan mendukung efektivitas waktu yang digunakan untuk melakukan perubahan. Jangan takut mengeksplor hal-hal baru atau untuk bereksperimen untuk menghasilkan langkah-langkah baru, tentunya dengan tetap berada pada koridor dan aturan yang ditetapkan. Hargai setiap ide-ide/ masukan yang memberikan nilai tambah bagi perusahaan.

Sedangkan untuk dapat meminimalkan resistensi terhadap perubahan dapat dilakukan dengan cara sebagai berikut:

  1. Menjajaki sudut pandang/ persepsi seseorang tentang perubahan, karena bagaimana seseorang merespon sangatlah bergantung pada bagaimana orang tersebut mempersepsikan situasi.
  2. Untuk memastikan bukan sekedar alasan yang disampaikan karena keengganan mengikuti perubahan, maka perlu menggali kendala atau kesulitan yang dialami sehingga bisa memberikan solusi. Hal ini untuk memfasilitasi dan mengakomodasi seseorang dalam mengikuti perubahan.
  3. Menjelaskan manfaat yang didapatkan dari perubahan agar tiap orang bersemangat dalam mengikuti perubahan.
  4. Mengidentifikasi signifikan person yang dapat mempengaruhi pihak-pihak yang resisten terhadap perubahan
  5. Mengidentifikasi peluang yang dapat dimanfaatkan untuk mempengaruhi pihak-pihak yang resisten.
  6. Memanfaatkan situasi yang kondusif untuk melakukan pendekatan interpersonal, dan menyesuaikan pendekatan interpersonal dengan karakteristik/latar belakang pihak-pihak yang resisten.

   For Further Information, Please Contact Us!